Mengenal Lebih Dekat dengan Seniman “Dina Trinil”

  • Whatsapp
Trinil
Mengenal Lebih Dekat Seniman Dina Trinil. Foto: Instagram @dina_trinil

Jogjakeren.com – Herdina Anna Lutfiani, seniman asal Garongan, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, ini sering dikenal dengan nama “Dina Trinil”. Seniman cantik ini sudah cukup lama menggeluti seni tari dan seni hiburan yaitu hiburan lawak. Anak dari Hardama dan Tuhu Erna Wati ini merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara. Dina Trinil kelahiran Magelang, 4 Febuari 1995.

Seniman 26 tahun ini merupakan wanita aktif dengan berbagai kegiatan sehari-harinya. Dina menceritakan seputar kegiatannya yaitu dimulai mengisi di angkringan TVRI, menari, Master Ceremony (MC) formal, MC bahasa Indonesia, MC humor, dan MC bahasa Jawa, syuting iklan (iklan layanan masyarakat, kerja sama dengan Dinas Kebudayaan Sleman), bahkan event Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kenapa dikenal dengan Dina Trinil? Berikut ini asal mula dikenal Dina Trinil. “Trinil adalah nama panggung yang awal mulanya diberikan oleh Bapak RM Kristiadi yaitu produser TVRI pada saat itu. Trinil itu maknanya wanita cantik, manis dan criwis,” ujar Dina Trinil.

Dina Trinil juga menceritakan bagaimana awal mula terjun ke seni tari, “Saya suka menari sejak kecil, dulu saya TK di Ngesti Palupi. Dari sini terus sering ikut lomba nari sampai SMP, dan alhamdulillah selalu menang. Akhirnya saya memutuskan melanjutkan sekolah di SMKI Yogyakarta. Lanjut ke jenjang D3 Pariwisata Universitas Gajah Mada (UGM), dan S1 Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM),” kenangnya.

“Kalau terjun ke dunia hiburan khususnya lawak itu dulu ketika saya ikut lomba kethoprak, kemudian ada tawaran gabung di angkringan TVRI. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba gabung, ternyata menyenangkan. Alhamdulillah bisa bertahan sampai sekarang,” imbuhnya.

Menurutnya, melakukan apapun itu harus happy dan ikhlas, “Karena apa yang ada di dalam diri kita adalah amanah dari Allah. Jadi selama kegiatan itu positif harus dikerjakan dengan bahagia. Meskipun kita tidak tahu hasilnya nanti. Gagal dan jatuh itu merupakan proses jadi jangan pernah menyerah,” ujarnya mengakhiri wawancara.

Biografi Dina Trinil

Nama Lengkap            : Herdina Anna Lutfiani

Nama Panggung         : Dina Trinil

Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 4 Februari 1995

Riwayat Pendidikan  : TK Ngesti Palupi, SDN Banyuurip 2, MTsN Pakem, SMKI Yogyakarta, D3 UGM, S1 STIPRAM

Pekerjaan                    : Seniman

Nama Ayah                 : Hardama

Nama Ibu                    : Tuhu Erna Wati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.