Mengusir Rasa Malas

  • Whatsapp
Rasa Malas
Ilustrasi (Foto: lifepal.co.id)

Jogjakeren – Rasa malas bisa menghinggapi setiap manusia. Kemalasan merupakan penyakit hati yang bisa melumpuhkan potensi seseorang dan membuat aktivitas harian menjadi tidak produktif. Tidak bisa dipungkiri bahwa rasa malas yang sering dikenal dengan istilah mager ini sangat sulit dihindari apabila tidak dengan kemauan dari dalam diri yang kuat.

Menurut beberapa peneliti, kurangnya motivasi karena rasa malas semacam ini kebanyakan dipengaruhi oleh faktor biologis. Bukan sekadar sikap dan kebiasaan atau suasana hati maupun lingkungan sekitar. Rasa malas ini bukan hanya dialami umat yang hidup zaman sekarang, tetapi juga dialami sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Lainnya

Ini terbukti dalam hadis Bukhori, yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW memohon kepada Allah SWT agar terlindungi dari rasa malas tersebut. Bunyinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas, dari pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Tulisan ini tidak membahas sejak kapan rasa malas ini mulai dialami manusia, tetapi cenderung mencari langkah untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara, antara lain :

1. Pola hidup sehat

Praktik hidup sehat adalah dengan makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup dan olahraga terukur. Apabila nutrisi dalam tubuh terpenuhi, maka akan segar dan berenergi dalam beraktivitas sehari-hari. Termasuk dalam kriteria istirahat cukup, jam tidur sehari semalam 6-8 jam dan tidak tidur terlalu larut malam. Olahraga terukur merupakan porsi gerakan fisik yag disesuaikan dengan usia.

2. Membuat daftar kegiatan harian

Segala yang akan dilakukan seseorang, mulai bangun tidur hingga sebelum tidur hendaklah dibuat tulisan. Dengan adanya daftar kegiatan harian ini, menjadikan seseorang akan berusaha melakukan sesuatu dengan baik dan cepat agar semua daftar yang telah dibuat dapat terlaksana semua.

3. Tidak menunda

Berdasarkan rencana kegiatan yang sudah dibuat, seyogyanya untuk dilakukan sekarang juga, tanpa perlu ditunda. Penundaan sesuatu hal akan membuat beban menjadi lebih berat. Usahakan untuk segera melakukan tugas ataupun hal yang kecil sekalipun.

Masih banyak lagi cara untuk menghilangkan rasa malas, namun setidaknya, dengan melakukan beberapa hal di atas, seseorang akan selalu terasa segar dan berenergi yang dapat melawan rasa malas dalam diri. Dengan demikian aktivitas harian, baik urusan ibadah kepada Allah SWT maupun maisyah untuk kepentingan duniawi akan terasa ringan dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *