Pentingnya Peran Orang Tua dalam Perkembangan Moral Anak

Ilustrasi Peran Orang Tua dalam Perkembangan Moral Anak. Cr: Pinterest

Jogjakeren.com – Tak hanya memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal, orang tua juga memiliki peran penting dalam pendidikan anak. Orang tua menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting dalam perkembangan dan pembentukan moral anak sejak dini.

Terdapat beberapa perkembangan pada anak yang perlu diperhatikan, di antaranya perkembangan fisik, kognitif, sosial, emosional, agama, dan moral. Kali ini, akan dibahas mengenai perkembangan moral yang lebih difokuskan perihal pentingnya peran orang tua dalam perkembangan moral anak.

Read More

Perkembangan moral merupakan perubahan penalaran, perasaan, dan perilaku tentang standar mengenai benar dan salah. Perkembangan moral berkaitan dengan aturan-aturan dan ketentuan tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Berhasil tidaknya penanaman nilai moral pada masa kanak-kanak akan menentukan baik buruknya perilaku moral seseorang pada masa selanjutnya.

Orang tua dalam keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu, peran orang tua dalam pola asuh anak menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya, mengenai perkembangan moral anak dimana anak akan berkembang secara optimal apabila mendapat stimulasi yang baik dari keluarga terutama orang tuanya.

Bagaimana Peran Orang Tua dalam Perkembangan Moral Anak?

Untuk mewujudkannya, di antaranya dengan memperkenalkan nilai-nilai moral yang ada di masyarakat. Orang tua hendaknya mengajarkan tentang pendidikan agama terkait cara bergaul dengan masyarakat, orang tua memotivasi anak untuk menaati aturan atau kebiasaan di masyarakat, serta orang tua memberikan teladan bagi anak dengan bersikap baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain itu, peran orang tua adalah dengan menerapkan disiplin pada anak. Penerapan kedisiplinan perlu dilakukan sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan anak sehingga anak memahami mana yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam penanaman kedisiplinan pada anak jangan menggunakan metode yang keras. Perlu pembimbingan yang pelan-pelan agar anak dapat merasa nyaman dan tidak menolak dalam penanaman kedisiplinan tersebut.

Peran yang lain dari orang tua adalah menciptakan komunikasi yang harmonis antara orang tua dengan anak. Banyak anak yang sudah beranjak remaja, tidak menerapkan moral yang baik di lingkungannya, yang salah satu penyebabnya karena kurangnya komunikasi dan interaksi dengan orang tua. Kondisi yang tidak nyaman di rumah membuat anak memberontak di luar rumah. Oleh karena itu, orang tua perlu membina interaksi dan komunikasi yang baik dengan anaknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.