Siap Awali Semester Baru, TPA Al-Munawwaroh Pogung Adakan Family Gathering

Orangtua dan Dewan Guru mengikuti permainan pada Family Gathering TPA Al-Munawwaroh Pogung (Minggu, 17/07/2022)

Jogjakeren.com – Ada banyak cara untuk membangun semangat dan memperkuat ikatan di antara anggota keluarga. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan outbound dan kreativitas lainnya. Hal ini mendorong TPA Al-Munawwaroh Pogung untuk mengadakan Family Gathering di Mini Zoo, Jogja Exotarium, Sleman pada Minggu (17/7/2022).

Family Gathering diikuti oleh para santri dan orangtuanya. Pengurus menjelaskan bahwa TPA Al-Munawwaroh Pogung di bawah naungan Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII Kalurahan Sinduadi secara rutin mengadakan kegiatan luar kelas. “Kegiatan tahunan ini perdana dilaksanakan kembali setelah vakum 2 tahun selama pandemi berlangsung,” jelas Lailatul Zunaeva.

Read More

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan Family Gathering biasa dilakukan setelah kegiatan munaqosyah atau evaluasi akhir semester pembelajaran. “Setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama satu semester, TPA mengadakan kegiatan refreshing. Harapannya santri menjadi lebih semangat mengawali semester berikutnya,” imbuhnya.

Acara Family Gathering diikuti 70 orang, terdiri dari santri usia PAUD, SD, dan SMP, orangtua, serta para dewan guru. Berbagai jenis permainan telah disiapkan pengurus TPA bekerja sama dengan pihak Jogja Exotarium. “Kami harap para santri senang mengikuti setiap permainan. Selain menyenangkan, permainan ini bisa meningkatkan bounding dengan orangtua mereka,” ujar Shah Alam, pengurus TPA Al-Munawwaroh Pogung.

Santri TPA Al-Munawwaroh Pogung mengikuti berbagai permainan (Minggu, 17/07/2022)

Basuki, salah satu orangtua santri menyambut baik dengan adanya Family Gathering tahun ini. “Salah satu permainan yang menarik dan melatih kekompakan santri dan orangtua adalah estafet air. Orangtua dan santri mengisi air ke sebuah ember dan ke plastik dengan media spons. Lalu, dilanjutkan mengisi air ke dalam plastik panjang,” ungkapnya.

Para santri nampak antusias mengikuti permainan demi permainan, di antaranya estafet air, flying fox, menangkap dan melempar bola. Selain melatih kekompakan, kegiatan outbond ini juga bisa melatih motorik, sensorik, dan kepekaan sosial. Santri juga diajak berkeliling ke kandang hewan, seperti domba, kura-kura, musang, ular, kuda, dan kelinci. “Santri antusias mengikuti rangkaian kegiatan dengan turut memberi makan hewan,” ujar Zunaeva.

Peserta Family Gathering TPA Al-Munawwaroh Pogung (Minggu, 17/07/2022)

Family Gathering ditutup dengan makan siang bersama orangtua dan dewan guru. “Serangkaian kegiatan ini tujuannya juga untuk mengakrabkan dan meningkatkan kekompakan di keluarga besar TPA,” tandas Shah Alam. Harapannya, para santri dan dewan guru bisa lebih bersemangat dalam menjalani KBM di semester mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.