Regenerasi Juru Sembelih, MDT MASDANIS Melatih Remaja Menyembelih Hewan Kurban

MDT Masdanis
Melatih Remaja MDT MASDANIS Menyembelih Hewan Kurban

Sleman, Jogjakeren.com – Warga MDT Al-Fattah Ummu Dani Salamah (MASDANIS) di bawah naungan PAC LDII Purwomartani melatih remaja untuk belajar menyembelih hewan kurban di lingkungan Masjid Al-Fattah Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Senin (17/6/2024).

Terdapat 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing dalam kurban tahun ini. Sebelum menyembelih hewan kurban, warga menutup mata hewan kurban tersebut dengan kain hitam. Tindakan tersebut dilakukan agar tidak melihat pisau dan darah hewan kurban lain saat penyembelihan.

Dalam acara penyembelihan tahun ini pengurus MDT MASDANIS mengerahkan para remaja untuk belajar menyembelih dan menguliti hewan kurban sebagai bentuk regenerasi juru sembelih. “Juru senior mengajari kami proses penyembelihan, memperlihatkan cara menjagal hewan kurban hingga berbaring di tanah, menghunuskan pisau ke leher hewan kurban sampai menguliti hewan kurban,” ujar Muhammad Barru Khoirudin salah satu remaja MDT MASDANIS.

Bacaan Lainnya
MDT Masdanis
Potret kegiatan remaja putri MDT MASDANIS bersama ibu-ibu memotong dan menimbang daging kurban

Sementara itu remaja putri dengan kompak bersama ibu-ibu berbagi tugas memotong daging dan menimbangnya. Nantinya warga LDII akan berbagi daging kurban dengan warga sekitar. Setidaknya panitia menyediakan 200 lebih kantong plastik untuk dibagikan kepada warga sekitar.

“Saya sangat senang melihat generasi muda aktif berlatih dengan terampil menyembelih hewan kurban, karena ini sudah saatnya regenerasi juru sembelih maka sejak remaja harus dilatih,” kata Ketua DPW LDII DIY Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU.

Di samping itu, warga LDII telah menyediakan 2 biopori untuk darah hewan kurban. Dalam praktik penyembelihan hewan kurban, juru sembelih meletakkan kepala hewan kurban pada lubang biopori. Sehingga darah hewan kurban tersebut mengalir ke dalam biopori tersebut. Fungsi dari biopori ini adalah untuk mengendalikan sampah darah hewan kurban supaya tidak mencemari lingkungan.

Warga LDII setidaknya membagikan sebanyak 210 kilogram daging kurban kepada warga sekitar. Warga LDII sangat senang dengan kegiatan berbagi daging kurban kepada warga sekitar sebagai bentuk saling berbagi kepada sesama.

Turut hadir pula Ketua DPP Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Dr. Arditho Bhinadi, S.E., M.Si. di Masjid Al-Fattah Ummu Dani Salamah untuk menyaksikan jalannya kegiatan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *