Remaja LDII Yogyakarta Dibekali Pendidikan Persiapan Menikah

  • Whatsapp
LDII Yogyakarta
Sarasehan Generus Mandiri DPD LDII Kota Yogyakarta, Minggu (21/2/2021)

Jogjakeren – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Sarasehan Generus Mandiri (SGM) secara dalam jaringan (daring), Minggu (21/2/2021).

LDII Yogyakarta
Peserta secara daring melalui video teleconference zoom.

Kegiatan dengan peserta generus remaja ini mengangkat tema “Pendidikan Persiapan Menikah” dengan studio utama di Grha Cendekia.

Bacaan Lainnya

Menghadirkan pemateri Seger Sutrisno, generus remaja diberikan materi tentang beberapa tahapan menuju jenjang pernikahan.

LDII Yogyakarta
Peserta Sarasehan Generus Mandiri (SGM) yang mengikuti secara luar jaringan (luring)

Di antaranya memahami niat dalam menikah, mempersiapkan kemandirian dalam keluarga, memahami cara memilih jodoh yang baik, mengetahui syarat sahnya pernikahan, mengetahui proses pernikahan dan mempersiapkan mental untuk berkeluarga.

“Dalam proses pernikahan harus memenuhi 5 syarat pernikahan yang sah yaitu ada calon mempelai laki-laki dan perempuan yang sama-sama rida, ada wali, ada saksi nikah sedikitnya dua orang laki-laki, ada maskawin/mahar, dan ada ijab qabul,” terangnya.

Sebagai seorang suami, kata Seger, memiliki kewajiban meramut, mengatur, menasihati, dan menafkahi istrinya. “Maka mental sebagai seorang pemimpin harus dipersiapkan. Begitu juga sebagai seorang istri harus taat, bisa menjaga rahasia suami dan rida terhadap suami, juga harus mempersiapkan dirinya sebagai istri yang sholihah,” jelasnya.

Kesiapan mental untuk menjadi suami/istri yang baik, maka remaja akan belajar mencari ilmunya. “Jika sudah terkondisikan, maka remaja akan lebih percaya diri dalam melangkah untuk berkeluarga,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *