Tips Cara Kerja Cerdas

  • Whatsapp
Kerja Cerdas
Ilustrasi (Foto: cirebonmedia.com)

Jogjakeren – Kerja cerdas menurut definisi setiap orang berbeda-beda, menyesuaikan dengan kepribadiannya. Pada intinya, kerja cerdas berarti fokus kepada hal-hal yang benar-benar penting. Harus bisa menelaah pekerjan sehari-hari, mengetahui mana yang menjadi prioritas dan yang harus didelegasikan kepada orang lain.

Untuk mewujudkan kerja cerdas dibutuhkan strategi tepat untuk tugas yang tepat pula. Terdapat beberapa trik kerja cerdas di bawah ini :

1. Persiapan Matang

Apabila suatu hal sudah disiapkan dengan matang, maka dalam proses pengerjaannya akan semakin mudah dan cepat pula. Itulah yang diharapkan dari kerja cerdas. Persiapan yang matang juga akan membuat rasa percaya diri lebih tinggi karena tubuh dan pikiran sudah siap dengan apa yang dilakukan.

2. Buat Prioritas

Bekerja cerdas juga berarti mampu menempatkan prioritas. Perlu dibuat skala prioritas dalam setiap pekerjaan. Lebih baik makukan pekerjaan yang prioritas terlebih dahulu dibanding memikirkan hal-hal kecil yang tidak berpengaruh besar. Hal ini membutuhkan perhatian ekstra.

3. Buat Jadwal Pekerjaan

Agar pekerjaan lebih tertata, perlu dibuat jadwal pekerjaan harian, mingguan atau bahkan bulanan. Ini bisa menjadi panduan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai alur yang diharapkan. Jika sudah terbiasa, maka ritme kerja akan lebih baik dan bisa meminimalisasi waktu yang terbuang untuk kerja yang tidak perlu.

4. Fokus Pada Tujuan

Agar tidak mudah tergoda dengan hal-hal lainnya, maka dibutuhkan fokus pada apa yang ingin dicapai. Penting pula untuk berani mengatakan ‘tidak’ untuk pekerjaan yang dirasa bukan menjadi tanggung jawabnya. Ingat, multi tasking memang bagus, tetapi bukan berarti menjadi baik untuk selalu dilakukan.

5. Fleksibel

Membuat jadwal pekerjaan tidak semata-mata untuk membuat begitu terpaku pada apa yang sudah direncanakan. Mengingat waktu berubah, lingkungan dan kondisi pun bersifat dinamis, terkadang prioritas menjadi ikut berubah. Maka dibutuhkan fleksibel dalam menyikapi dinamika zaman

7. Membuat Delegasi Kepada Orang yang Tepat

Mendelegasikan tugas atau pekerjaan kepada orang lain juga sebagai bagian dari kerja cerdas. Untuk meringankan beban, perlu mendelegasikan tugas kepada orang-orang terkait, yang bisa dipercayai. Dengan demikian, bisa memanfaatkan waktu yang lebih efektif dan efisien.

Itulah beberapa strategi dan trik kerja cerdas. Yang perlu diingat bahwa cara kerja cerdas berbeda-beda, tergantung setiap orang yang menerapkannya. Apabila hal ini dapat dilakukan, maka tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga, tetapi pekerjaan selesai dengan lebih baik dan tetap produktif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *