Santri MDT Al Fattah Kadirojo 2 Kalasan Belajar Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Santri MDT Al Fattah
Santri MDT Al Fattah Kadirojo 2 Kalasan saat mempraktekkan menggosok gigi yang benar, Sabtu (20/8/2022).

Jogjakeren.com – Dalam mencetak generasi profesional religius, belajar ilmu agama saja tidak cukup. Para generasi harus diperhatikan pula kesehatan jasmaninya, sehingga dapat maksimal dalam menerima pembelajaran.

Mewujudkan itu, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al Fattah Kadirojo 2 Kalasan mengajarkan para santrinya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Para santri diajarkan cara mencuci tangan yang benar dan kali ini diajarkan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, Sabtu (20/8/2022).

Read More
Santri MDT Al Fattah
Santri saat praktek menggosok gigi di luar ruangan.

Sekretaris MDT Al Fattah Fitri Anomsari, S.Sos., M.Ab. mengatakan para santri perlu mengenali gigi mereka masing-masing seperti jenis, fungsi, dan jumlahnya.

“Para santri dibekali agar mereka mengerti apa yang membuat gigi mereka sehat dan sakit, sehingga menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut,” jelasnya.

Fitri menambahkan, santri juga diajarkan kapan waktunya melakukan sikat gigi dan bagaimana cara menggosok gigi yang benar.

Kegiatan yang dilaksanakan di kompleks Masjid Al Fattah Kadirojo 2 Kalasan ini, santri tampak antusias dan memperhatikan materi karena disertai gambar dan praktek dengan alat peraga gigi.

Santri MDT Al Fattah
Santri berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri.

Pada sesi pertanyaan, santri berlomba-lomba mengacungkan tangan untuk menjawab. Sebagai bentuk apresiasi, santri diberikan hadiah.

Usai pemaparan materi yang disampaikan dokter Fia, santri mempraktekkan apa yang sudah diajarkan di luar gedung.

“Santri mempraktekkan cara menggosok gigi yang benar, kemudian mereka diminta untuk senyum memperlihatkan gigi mereka dan merasakan enaknya gigi yang bersih dan bau mulut yang segar,” terang dokter Fia.

Agar para santri semangat dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, saat pulang mereka dibagikan sikat gigi baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.