Sayang Pada Buah Hati Anda! Terapkan “Screen Time”

  • Whatsapp
Terapkan screen time pada anak
Terapkan screen time pada anak

jogjakeren.com – Sudah kita ketahui di zaman era teknologi saat ini semua orang pasti mengenal yang namanya gadget, mulai dari dewasa bahkan sampai anak-anak usia dini. Sekarang sering kita jumpai diberbagai tempat anak-anak di bawah umur sudah asyik bermain dengan gadget-nya seperti di mall, restoran, supermarket dan sebagainya. Itu semua dikarenakan mereka tumbuh di lingkungan modern dengan konsumsi teknologi yang tinggi.

Penggunaan perangkat elektronik atau gadget yang berlebihan sebenarnya akan berdampak buruk bagi kalangan anak-anak seperti kesehatan fisik, mental, emosi pada anak dan kurangnya interaksi sosial. Maka dari itu, penerapan screen time perlu diterapkan pada anak-anak.

Read More

Apa itu screen time ?

Screen time adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah waktu yang diperbolehkan untuk melihat layar termasuk televisi, laptop, smartphone, tablet, konsol game, dan media lainnya. Screen time ini berfungsi untuk mengontrol waktu anak-anak agar tidak berlebihan menggunakan perangkat elektronik.

Bagaimana rekomendasi yang tepat pembatasan pada anak?

Berdasarkan World Health Organization (WHO), berikut ini rekomendasi yang bisa diterapkan dalam membatasi screen time pada anak berdasarkan usianya, yaitu :

1. Usia 0 – 2 tahun

Di usia anak ini disarankan anak menggunakan waktunya untuk kegiatan fisik dan mendengarkan bacaan buku atau dongeng dari orang tua. Usia anak yang masih di bawah umur 2 tahun, penggunaan media digital selian video call harus dicegah.

2. Usia 2 – 3 tahun

Jika orang tua ingin mengenalkan media digital kepada anak, cara terbaik dengan memilih program pendidikan dengan kualitas terbaik. Batasi penggunaan media digital maksimal 30 menit sehari serta dampingi anak ketika menggunakannya jangan sampai anak bermain sendiri.

3. Usia 3 – 5 tahun

Batasi penggunaan media digital selama 1 jam sehari dan orang tua tetap mendampingi. Jika sudah 1 jam maka ajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang lain.

4. Usia lebih dari 5 tahun

Batasi penggunaan media digital pada anak maksimal 2 jam sehari dan tetap didampingi oleh orang tua.

5. Usia remaja

Usia remaja membutuhkan waktu tidur yang cukup sekitar 8 – 12 jam sehari (tergantung pada usia), orang tua bisa menentukan waktu bebas untuk anaknya ketika menggunakan media digital yang penting digunakan untuk hal yang bermanfaat. Karena pada usia remaja membutuhkan aktivitas fisik dan waktu di luar paparan media.

Bagaimana tips menerapkan screen time pada anak ?

Mengutip Mayo Clinic, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menerapkan screen time pada anak antara lain :
1. Mengajak anak menghabiskan lebih banyak waktu bermain secara offline.
2. Membuat zona anak bebas teknologi pada waktu dan tempat tertentu. Contohnya tidak ada gadget di meja makan atau satu hari bebas gawai dalam satu minggu.
3. Menggunakan aplikasi yang dapat mengontrol lama waktu anak menggunakan perangkat.
4. Tidak meletakkan perangkat elektronik di dekat kamar anak-anak.
5. Membatasi waktu penggunaan gadget untuk diri sendiri.
6. Menghilangkan program-program televisi yang tidak layak ditonton anak-anak.

Untuk itu, sebagai orang tua dalam mendampingi anak supaya ditingkatkan lagi, agar anak tidak kecanduan dengan media digital. Jangan sampai orang tua malah memanjakan anak dengan gadget-nya, mungkin karena anak di beri gadget jadi diam, anteng, tidak rewel dan sebagainya, itu adalah didikan yang kurang baik.

Maka mulai dari sekarang terapkan screen time pada anak Anda, agar anak tidak kecanduan dengan media digital.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment