Yang Pingin Kuliah di Jogja, Inilah 3 Universitas Terbaik Versi UniRank

Universitas Terbaik Jogja
Kampus Universitas Gadjah Mada (Foto: Ist)

Jogjakeren.com – Bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di Jogja, alangkah baiknya memahami tentang universitas yang akan dipilihnya untuk melanjutkan studi. Salah satu panduan yang dapat dijadikan acuan adalah daftar peringkat yang diterbitkan oleh UniRank.

UniRank merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi seputar pemeringkatan kampus-kampus di dunia. Website ini sejenis dengan beberapa situs lainnya termasuk QS Top Universities hingga Webometrics. Dikutip dari laman resminya, UniRank merupakan direktori pendidikan tinggi internasional serta situs yang menampilkan pemeringkatan lebih dari 14.000 universitas di dunia. Selain itu, UniRank juga telah diakui secara resmi di 200 negara.

Dalam artikel ini, akan dibahas 3 universitas terbaik di Yogyakarta yang harus dipahami oleh calon mahasiswa, berdasarkan daftar peringkat yang diterbitkan UniRank.

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta dikenal sebagai institut seni ternama di Indonesia, yang merupakan lembaga pendidikan tinggi fokus pada bidang seni dan budaya. Dalam hal pendidikan, ISI Yogyakarta menawarkan program studi yang berkaitan dengan seni dan budaya, seperti seni rupa, tari, musik, teater, desain, dan seni kriya.

ISI Yogyakarta memiliki reputasi akademis yang tinggi di bidang seni dan sering diakui dalam skala nasional dan internasional. Para alumninya seringkali dikenal sebagai seniman dan profesional yang berkontribusi pada dunia seni.

Selain pendidikan formal, ISI Yogyakarta juga aktif dalam kegiatan budaya dan seni, seperti pameran seni, pertunjukan, dan kolaborasi dengan komunitas seni. Bahkan ISI Yogyakarta dianggap sebagai pusat kontribusi penting dalam pengembangan seni dan budaya di Indonesia, terlibat dalam proyek-proyek inovatif dan mendukung perkembangan seni tradisional dan kontemporer.

Memiliki 3 fakultas:

  1. Fakultas Seni Media Rekam
  2. Fakultas Seni Pertunjukan
  3. Fakultas Seni Rupa

Alamat : Jalan Parangtritis Km. 6,5 Kotak Pos 1210 Yogyakarta 55001

Telp : (0274) 379133, 373659

Web: www.isi.ac.id

Email: [email protected].

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Yogyakarta. Indonesia yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di berbagai bidang, menyelenggarakan berbagai program studi melalui sejumlah fakultas dan jurusan, mencakup ilmu sosial, pendidikan, ilmu alam, dan teknologi.

Sebagai universitas negeri, UNY berkomitmen memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas. Dengan lingkungan akademis yang kondusif, UNY menjadi pilihan bagi banyak mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi di Yogyakarta.

UNY berupaya terus meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi bagian integral dari perkembangan masyarakat dan bangsa. Memiliki 8 fakultas dan 124 program studi serta 1 sekolah.

Berikut ini daftar fakultas yang tersedia:

  1. Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  5. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
  6. Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik
  7. Fakultas Teknik
  8. Fakultas Vokasi
  9. Sekolah Pascasarjana

Alamat : Jalan Colombo No.1 Karangmalang Yogyakarta

Telp: 0274-586168

Email : [email protected]

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1949 dan telah menjadi pusat pendidikan tinggi yang prestisius. Berbagai program studi di beberapa bidang ditawarkan, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, teknik, kedokteran, dan banyak lagi.

UGM dikenal karena reputasi akademisnya yang tinggi, penelitian yang inovatif, dan kontribusi signifikan terhadap pembangunan masyarakat. Lokasinya yang terletak tidak jauh dari tengah Kota Yogyakarta, menciptakan lingkungan belajar menjadi inspiratif bagi mahasiswa. UGM juga sering muncul dalam peringkat universitas terbaik di Indonesia dan kawasan Asia.

UGM memiliki 18 fakultas dengan lebih dari 270 program studi dan 2 sekolah. Semua program studi ini telah mendapatkan akreditasi tingkat nasional, dan beberapa di antaranya juga telah diakui oleh lembaga akreditasi internasional.

Berikut ini daftar fakultas yang tersedia:

  1. Fakultas Biologi
  2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Filsafat
  5. Fakultas Geografi
  6. Fakultas Hukum
  7. Fakultas Ilmu Budaya
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Kedokteran Gigi
  10. Fakultas Kedokteran Hewan
  11. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
  12. Fakultas Kehutanan
  13. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  14. Fakultas Pertanian
  15. Fakultas Pertenakan
  16. Fakultas Psikologi
  17. Fakultas Teknik
  18. Fakultas Teknologi Pertanian
  19. Sekolah Pascasarjana
  20. Sekolah Vokasi

Alamat : Bulaksumur, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta

Email : [email protected]

WA: +628112869988

Ketiga perguruan tinggi di atas adalah universitas yang terbaik di Yogyakarta versi UniRank. Para pembaca dan calon mahasiswa bisa memilih sesuai dengan kemampuan akademisnya masing-masing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *