5 Alasan Jogja Disebut Sebagai Kota Pelajar

  • Whatsapp

jogjakeren.com – Ketika kita masih duduk di bangku sekolah, guru selalu memberi tahu bahwa Jogja adalah kota pelajar. Kondisi lingkungan alam yang damai, masyarakat yang ramah dan biaya hidup yang terjangkau, Jogja menjadi pilihan bagi pelajar atau calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di kota ini. Banyak orangtua yang mengirimkan anak-anak mereka untuk kuliah dan hidup mandiri di Yogyakarta.

Lalu, kenapa Jogja disebut kota pelajar? Ini alasannya!

Bacaan Lainnya
Peran Ki Hajar Dewantara

Banyak Pahlawan nasional terpelajar yang berasal dari daerah asal Nasi Gudeg ini seperti Sri Sultan Hamengkubuwono I dan Pangeran Diponegoro misalnya. Namun peran Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidian Nasional sekaligus pendiri sekolah rakyat pertama di Indonesia ”Taman Siswa” ini menjadi simbol tersendiri diakuinya Jogja sebagai Kota Pelajar.

Banyak Perguruan Tinggi

Hampir 20% penduduk di Jogja adalah pelajar/mahasiswa. Jumlah kampus di Jogja diperkirakan mencapai lebih dari 60 kampus yang hampir semuanya telah terakreditasi. Perguruan tinggi milik pemerintah di Jogja adalah Universitas Gadjah Mada yang lahir pada masa kemerdekaan. Setelah itu, barulah bermunculan perguruan tinggi lain di Jogja, baik dari pemerintah maupun swasta.

Kebanyakan perguruan tinggi di Yogyakarta gedungnya bagus, mutunya terjamin, dan akreditasinya baik. Sehingga, banyak pelajar dari berbagai kota datang ke Yogyakarta untuk menimba ilmu. Selain itu kampus di Jogja juga menduduki peringkat teratas dalam daftar kampus terbaik di Indonesia.

Fasilitas Kampus Yang Mendukung

Fasilitas menjadi salah satu hal penting dalam sebuah kampus agar dapat mengembangkan potensi mahasiswa dengan baik. Apa lagi visi pendidikan di Kota Jogja ini adalah center of excellent. Untuk itulah, semua unsur yang terkait di bidang pendidikan saling bersinergi dan berusaha keras untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang tinggi dan dapat bersaing di tingkat internasional.

Jogja juga sangat kaya dengan sumber pendidikan, seperti narasumber/dosen yang berkualitas, perpustakaan, laboratorium dan pusat-pusat studi yang ada. Kota Jogja juga dikenal memiliki sistem dan suasana belajar yang unggul, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai perguruan tinggi.

Kota Jogja juga sering disebut “surga” bagi penelitian, pengembangan wawasan, intelektual dan kajian ilmiah. Banyaknya forum ilmiah seperti seminar, symposium, loka karya, teleconference dan lain-lain yang diadakan oleh perguruan tinggi/organisasi dengan mengundang pembicara nasional bahkan internasional.

Toko buku, penerbit dan kios-kios buku cukup banyak terdapat di Jogja. Fasilitas penunjang pendidikan seperti warnet, toko komputer, kursus bahasa dan ketrampilan lain, bisa ditemukan di sudut kota Jogja.

Selalu Menghasilkan Lulusan Yang Berkompeten

Semakin banyaknya kampus di Jogja membuat pihak kampus selalu bersaing untuk mengembangkan potensi mahasiswa, salah satunya adalah dengan cara menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi di bidangnya.

Tingginya Minat Pelajar Untuk Kuliah di Kota Jogja

Banyaknya kampus di Jogja tentu memiliki alasan salah satunya adalah banyaknya minat pelajar di Indonesia yang ingin menuntut ilmu di Yogyakarta. Dengan adanya Perguruan Tinggi yang banyak disertai dengan kualitas yang tidak diragukan lagi, tidak jarang banyak sekali pelajar atau mahasiswa luar Jogja, luar Pulau Jawa, bahkan Mancanegara yang belajar di Kota ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *