Aulia, Pelukis Muda Asal Kulon Progo Modal Minim Raih Prestasi

pelukis muda Kulon Progo

Jogjakeren.com – Melukis menjadi kegiatan yang mengasyikkan dan menenangkan bagi sebagian orang. Tidak hanya seru untuk memanfaatkan waktu luang, kegiatan kreasi ini juga bisa menjadi sumber uang saku yang cukup. Bagi sebagian orang lagi, kegiatan ini menjadi ajang menantang diri untuk terus berkembang dalam suatu kompetisi. Seperti yang dilakukan Aulia, salah satu pelukis muda asal Kulon Progo yang menggunakan bakat melukisnya untuk mengikuti berbagai kompetisi.

Aulia Imroatulatifa, perempuan kelahiran Lendah, Kulon Progo ini memulai hobi menggambarnya 3 tahun yang lalu. Awalnya, Aulia tidak menyadari bakatnya tersebut karena selama ini dia menggambar hanya untuk menyelesaikan tugas seni rupa di sekolah. Namun siapa sangka, berkat dorongan guru dan lingkungan keluarga, Aulia mencoba mengikuti kompetisi pertamanya.

Bacaan Lainnya

Pada salah satu perlombaan yang memicu semangatnya, yaitu PMBI, Aulia sempat tidak lolos seleksi 2 tahun berturut-turut (2019 dan 2020) di bidang poster. Baru pada tahun 2021 karyanya dapat lolos seleksi. Meskipun sempat gagal, dirinya tak pantang menyerah. Aulia langsung mencari kompetisi lain yang sangat beragam cabangnya. Dia pernah mengikuti kompetisi di bidang kaligrafi aksara jawa, bidang sketsa, hingga kriya seni. Selain pengalaman dan peningkatan kemampuan melukis, banyak momen yang membuat Aulia semakin semangat.

Salah satu momen yang paling berkesan adalah ketika dirinya mengikuti lomba melukis di Pakualaman, Yogyakarta tahun 2020. Alat dan bahan yang ia bawa jauh dari kata lengkap jika dibandingkan dengan pelukis muda lainnya. Walaupun terbatas, Aulia tetap semangat mengikuti kompetisi. Saat pengumuman juara, Aulia tidak berharap akan meraih posisi 5 besar karena salah satu pesaingnya yang menang pada kompetisi sebelumnya mendapat peringkat 2. Namun, Aulia sangat terkejut ketika namanya dipanggil untuk maju menerima hadiah sebagai peringkat pertama.

pelukis muda

Ditemui pada hari terakhir Pameran Gelora Milenial, 10 Januari 2022 lalu di Taman Budaya Kulon Progo, Aulia mengatakan bahwa dirinya benar-benar tidak menyangka akan menang, apalagi dengan alat gambar yang sederhana. Namun dari awal perlombaan, dirinya selalu menekankan diri untuk selalu fokus dan tidak panik. Dirinya juga yakin semua keberhasilan tersebut tak lepas dari anugrah yang Allah SWT berikan.

Dari semua pengalaman yang ada, Aulia menyadari bahwa dirinya memang suka dengan tantangan dan kompetisi. Selain sebagai cara untuk mengembangkan diri, Aulia juga menggunakan kesempatan tersebut untuk memiliki tabungan pribadi dari hasil kejuaraannya pada berbagai kompetisi.  Salah satu pemudi DPD LDII Kulon Progo ini sudah memiliki rencana jangka panjang untuk terus mengasah kemampuan melukisnya dan mengikuti kompetisi lain yang jauh lebih menantang.

Menjadi pelukis muda juga tidak membuatnya tertinggal dalam bidang akademis. Buktinya saat ini Aulia sedang menempuh pendidikan S1 di UNY jurusan Pendidikan Guru SD. Dirinya yakin akan selalu ada jalan untuk mengembangkan diri tanpa harus meninggalkan kewajiban pendidikan dan ibadah asalkan tidak pantang menyerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.