BCM Sakocab SPN Sleman Bersama Sanggar Ponosaran

  • Whatsapp
sanggar ponosaran
Kegiatan BCM Caberawit Ponosaran bersama Sako SPN Sleman

Jogjakeren – Satuan Komunitas (Sako) Sekawan Persada Nusantara (SPN) Cabang Sleman bersama Sanggar Ponosaran menumbuhkan karakter caberawit (Usia PAUD hingga kelas 6 SD) di Kampung Wisata Daleman Asri, Girikerto, Turi, Sleman, Jumat (19/3/2021).

Melalui kegiatan Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) pada sore hari, Caberawit Ponosaran yang berjumlah 15 orang diajak bermain permainan Sim-Sam dan meletuskan balon.

Bacaan Lainnya

“Mengajak anak-anak bermain Sim-Sam. Permainan yang berpindah tempat dengan mendengarkan perintah dari orang yang berada di tengah dengan pemain membentuk lingkaran. Lalu orang yang di tengah memberi aba-aba dengan kata Sim (geser ke kiri) dan Sam (geser ke kanan),” jelas Kak Ali Ashar, S. Pd., selaku Ketua Sako SPN Cabang Sleman.

Selanjutnya, lanjut Kak Ali, saat yang di tengah berkata simsam semua pemain harus pindah ke tempat lain, begitu juga yang berada di tengah. “Siapa yang tidak dapat sandal maka bergantian berada di tengah untuk memberi perintah,” tambah Kak Ali.

Permainan tersebut untuk melatih anak berkonsentrasi dan memahami perintah yang diberikan. Maksud yang ingin disampaikan, agar anak sejak usia dini dapat terlatih untuk bersikap taat.

sanggar ponosaran
Permainan meletuskan balon

Permainan yang kedua yaitu meletuskan balon. Cara bermainnya dengan meletuskan balon, siapa yang lebih dulu dialah pemenangnya. Permainan ini mengajarkan kerja sama yang baik dan kekompakan tim. Apabila tidak kompak dan bekerjasama yang baik maka akan mudah dikalahkan.

Harapan Kak Ali dengan contoh permainan sederhana ini, 6 (enam) tabiat luhur yaitu rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanah, dan mujhid muzhid dapat dipahami, dimengerti dan dipraktikkan sejak usia dini.

Pembinaan karakter sejak usia dini merupakan usaha pembentukan kepribadian anak menjadi berakhlak mulia, bermoral, peduli, bertanggungjawab, mandiri, dan berpendirian yang teguh.

Selanjutnya, Kak Ali menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja (Proker) Sako SPN Cabang Sleman yang langsung terjun ke Sanggar Ponosaran dan nantinya hendak dijadikan pilot project.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *