Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Area Rumah agar Lebih Bermanfaat

  • Whatsapp
Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Area Rumah
Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Area Rumah (pexels.com)

Jogjakeren – Seringkali kita jumpai terdapat sejumlah area yang tidak termanfaatkan dengan optimal. Maka, tips untuk memanfaatkan lahan sempit di area rumah tentu akan sangat dibutuhkan agar lahan sempit tersebut bisa lebih bermanfaat.

Banyak orang yang beranggapan bahwa lahan sempit sisa bangunan tidak dapat dimanfaatkan lagi. Mungkin saja lahan sempit tersebut hanya untuk menumpuk barang-barang bekas ataupun material sisa bangunan.

Bacaan Lainnya

Namun, di tangan orang-orang yang kreatif, lahan sempit mampu menjadi lahan untuk mencurahkan berbagai inovasinya. Lahan sempit akan digunakan untuk berbagai hal, sehingga memberikan manfaat yang lebih.

Tips Memanfaatkan Lahan Sempit
Tips Memanfaatkan Lahan Sempit agar Lebih Manfaat (pexels.com)

Beberapa Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Area Rumah

Memanfaatkan lahan sempit memang memerlukan kreativitas yang tinggi. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memanfaatkan lahan sempit di area rumah Anda.

Menjadikan Lahan Sempit sebagai Kolam Ikan

Kolam ikan bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk memanfaatkan lahan sempit di area rumah Anda. Inovasi ini bisa meningkatkan tampilan rumah Anda, sehingga lebih segar dan lebih hidup. Aneka ikan hias bisa Anda budidayakan di kolam kecil tersebut.

Budidaya ikan hias pun juga bisa Anda kembangkan sebagai lahan bisnis. Ikan hias kini mulai diminati di kalangan masyarakat, seperti Guppy, Koi, Koki, Lohan, Arwana, hingga yang tengah naik daun, yakni ikan Cana.

Lahan Sempit untuk Kolam Ikan
Lahan Sempit untuk Kolam Ikan (pexels.com)

Memanfaatkan Lahan Sempit sebagai Apotek Hidup

Lahan sempit di area sekitar rumah Anda juga bisa dimanfaatkan sebagai apotek hidup. Berbagai jenis tanaman herbal bisa Anda tanam di lahan sempit tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pasokan tanaman herbal untuk siap siaga dalam mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan.

Tanaman herbal yang bervariasi pun juga dapat meningkatkan tampilan rumah Anda. Dedaunan dan bunga yang bervariasi akan menjadikan rumah Anda tampak lebih segar.

Lahan Sempit sebagai Lahan Vertikultur

Veltikultur merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang inovatif. Teknik ini juga sangat identik dengan lahan sempit, di mana teknik ini tidak memerlukan lahan yang luas.

Di lahan yang sempit, Anda bisa menyediakan media vertikal untuk budidaya tanaman hias atau tanaman herbal, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Peralatan yang digunakan bisa berupa kerangka besi, kerangka kayu, bahkan paralon.

Prinsip utama dari vertikultur ini adalah menyediakan media tanam yang disusun secara vertikal, sehingga tidak memerlukan lahan yang luas, melainkan memerlukan ruang yang tinggi. Apabila Anda menerapkan vertikultur, maka hal ini akan menambah nilai plus untuk keindahan rumah Anda.

Lahan Sempit untuk Pembibitan Tanaman

Pemanfaatan lahan sempit lainnya adalah untuk pembibitan tanaman. Dalam pembibitan tanaman, tidak diperlukan pencahayaan yang optimal, sehingga lahan yang sangat sempit pun tetap bisa digunakan untuk pembibitan tanaman.

Berbagai teknik pembibitan seperti sambung pucuk, stek batang, stek daun, dan sebagainya, umumnya akan disimpan terlebih dahulu di area yang teduh dan lembap. Maka pembibitan tanaman akan sangat cocok untuk dilakukan di lahan yang sempit.

Penyemaian benih juga bisa Anda lakukan di lahan sempit. Sebab, penyemaian juga cocok di area yang teduh, ternaungi, dan juga lembap. Pembibitan dan penyemaian ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan untuk Anda.

Tips memanfaatkan lahan sempit di area rumah Anda juga harus Anda sesuaikan dengan hobi Anda. Dengan demikian, Anda juga akan semangat dan senang dalam menjalaninya. Berbagai tips di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mengolah lahan sempit di rumah Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *