Beberapa Tips untuk Memeriksa Tekanan Darah dengan Benar

Tips Memeriksa Tekanan Darah yang Benar (pexels.com)
Tips Memeriksa Tekanan Darah yang Benar (pexels.com)

Jogjakeren.com – Bagaimana cara memeriksa tekanan darah dengan benar perlu dipahami oleh setiap orang. Dengan demikian, data yang akurat terkait dengan tekanan darah yang mempresentasikan kondisi kesehatan tubuh dapat diketahui.

Tekanan darah dapat dijadikan sebagai indikator, tanda atau gejala terkait dengan kondisi kesehatan seseorang. Hal ini menjadi alasan utama, mengapa setiap pemeriksaan di layanan kesehatan, pemeriksaan tekanan darah harus selalu dilakukan. Namun demikian, kesadaran masyarakat akan pentingnya memantau tekanan darah masih terbilang cukup rendah.

Padahal, jika dilansir dari publikasi Harvard Medical Shool, tekanan darah yang tinggi (130/80 mm Hg atau lebih) mengakibatkan pembuluh darah terluka, serta menjadi lebih tebal dan kaku. Selanjutnya, apabila tidak segera ditangani dan dibiarkan, tekanan darah tinggi dapat merusak hati, otak, serta ginjal.

Tips untuk Memeriksa Tekanan Darah dengan Benar, Baik di Rumah Maupun di Layanan Kesehatan

Tekanan darah dapat mengalami naik-turun tergantung pada aktivitas yang menguras tenaga dan juga stres. Gaya hidup serta jenis makanan dan minuman juga mampu mempengaruhi kondisi tekanan darah.

Selain itu, tekanan darah juga dapat dilakukan secara mandiri di rumah, atau dapat dilakukan di layanan kesehatan seperti puskesmas, dokter umum, maupun rumah sakit. Alat pemeriksa tekanan darah pun saat ini juga telah bervariasi dan semakin mudah digunakan.

Berkaitan dengan hal-hal di atas, Harvard Medical School memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan tekanan darah dengan lebih benar dan akurat.

Memeriksa Tekanan Darah yang Benar dengan Alat yang Berkualitas

Alat pemeriksa tekanan darah tentu juga harus berkualitas agar memberikan hasil yang benar dan akurat. Hal ini bisa didapatkan melalui toko-toko resmi serta yang telah bersertifikat. Alat yang semakin canggih yang mampu menyimpan data hasil pemeriksaan serta mampu mengirim data ke smartphone juga lebih disarankan.

Membawa Data Pemeriksaan Mandiri Ketika Berkunjung ke Layanan Kesehatan

Pada layanan kesehatan tentu juga akan dilakukan pemeriksaan tekanan darah pasien. Dr. Sakmar dari Harvard Medical School mengatakan bahwa hal ini akan lebih baik jika kita bisa membawa hasil pemeriksaan tekanan darah yang juga sudah kita lakukan secara mandiri di rumah.

Pemilihan Lengan pada Saat Pemeriksaan Tekanan Darah

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pertama dapat dilakukan pemeriksaan pada dua lengan. Selanjutnya, lengan dengan tekanan darah yang lebih tinggi, sebaiknya yang digunakan datanya dan dipilih untuk pemeriksaan tekanan darah yang selanjutnya.

Khusus pada wanita yang telah melalui mastectomy, maka lengan yang dipilih untuk diperiksa tekanan darahnya adalah lengan yang berlawanan dengan sisi payudara yang telah diangkat.

Posisi Lengan dan Pemasangan Manset Ketika Pemeriksaan

Untuk membantu mendapatkan hasil pemeriksaan tekanan darah yang lebih akurat, pada saat pemeriksaan supaya dilakukan dengan duduk dan kaki menginjak lantai dengan rata. Lengan juga supaya diposisikan dengan nyaman di atas meja, dan siku diposisikan kurang lebih setinggi jantung.

Selain itu, manset juga harus dipilih dengan ukuran yang sesuai yang mampu menutup lengan dengan baik. Pemasangan manset juga harus pada lengan yang tidak tertutup pakaian, dengan jarak sisi bawah manset sekitar satu jari di atas lekukan siku.

Mengontrol Makanan, Minuman, dan Aktivitas Sebelum Pemeriksaan

Beberapa hal seperti kafein, rokok, dan aktivitas berat, akan sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Maka dari itu, sekitar 30 menit sebelum pemeriksaan, beberapa hal tersebut supaya dihindari.

Tak hanya itu, menahan kencing dengan kondisi kandung kemih yang sudah mulai penuh juga supaya dihindari. Sebab hal ini juga akan mampu mempengaruhi tekanan darah.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan untuk memeriksa tekanan darah dengan benar, sehingga mendapatkan hasil yang akurat. Mari bersama mengontrol kesehatan, serta menerapkan pola hidup serta pola makan yang sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.