Bingung Pilih yang Mana? Yuk Kenali Nama-nama Saka Pramuka

  • Whatsapp
Saka pramuka
Nama dan logo satuan karya pramuka (Foto: Kwarcab pramuka Kota Jogja)

Jogjakeren.comKegiatan pramuka merupakan kegiatan informal yang biasa diberikan kepada murid ataupun mahasiswa. Kegiatan ini nampaknya telah menyatu dalam sistem pendidikan di negara Indonesia. Melalui gerakan pramuka, peserta didik didorong untuk mengembangkan bakat, pengetahuan, serta keahlian yang dimilikinya.

Gerakan pramuka memiliki beberapa organisasi pendukung, salah satunya adalah satuan karya pramuka (saka). Organisasi ini digunakan oleh pengurus atau anggota untuk menjalankan fungsi organisasi serta pengembangan minat, bakat, dan keterampilan tertentu.

Bacaan Lainnya

Apa itu saka dalam pramuka?

Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka tahun 2018 menjabarkan, satuan karya pramuka adalah salah satu organisasi pendukung dalam gerakan kepramukaan bagi anggota pramuka Penegak dan Pandega. Hal ini secara spesifik tertera di dalam pasal 39, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka.

Sebagaimana tertera dalam Keputusan Kwartir Nasional Nomor 170.A tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka, Saka diperuntukkan untuk mengembangkan minat dan bakat kaum muda pramuka dari usia antara 16-25 tahun. Selain itu, saka diharapkan mampu mendorong motivasi pramuka Penegak dan Pandega untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut ini satuan karya yang berlaku secara nasional:

1. Saka Dirgantara

Saka Dirgantara memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan. Pembinaan dilaksanakan bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara, pihak perusahaan penerbangan, dan kelompok aeromodelling.

2. Saka Bhayangkara

Saka Bhayangkara memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Lembaga Kepolisian.

3. Saka Bahari

Saka Bahari memberikan keterampilan praktis di bidang kelautan. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, Lembaga profesional di bidang olahraga air, dan Kementerian Kelautan.

4. Saka Bakti Husada

Saka Bakti Husada memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kesehatan. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

5. Saka Keluarga Berencana

Saka Kencana memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang Keluarga Berencana (KB), Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

6. Saka Taruna Bumi

Saka Taruna Bumi memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pembangunan pertanian. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia/LIPI (yang saat ini bernama Badan Riset dan Inovasi Nasional, BRIN) dan Lembaga holtikultura.

7. Saka Wanabakti

Saka Wanabakti memberikan pengetahuan dan keterampilan, serta menanamkan rasa tanggung jawab di bidang pelestarian sumberdaya alam, kehutanan dan lingkungan hidup. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan, Perhutani, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan Hidup atau lembaga profesional terkait.

8. Saka Wira Kartika

Saka Wira Kartika memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kewilayahan dan bela negara. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat.

9. Saka Kalpataru

Saka Kalpataru memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang kepedulian lingkungan hidup. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

10. Saka Pariwisata

Saka Pariwisata memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang kepariwisataan.

11. Saka Widya Budaya Bakti

Saka Widya Budaya Bakti memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka telah mengatur keberadaan sama di tingkat nasional. Namun, satuan karya juga dapat dibentuk di daerah-daerah, berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah (Kwarda) yang bersangkutan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.