6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji 2 Juta, Emang Bisa?

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta
source from canva

Jogjakeren.com Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji 2 JutaMendapatkan pendapatan 2 juta per bulan mungkin tidak cukup bagi sebagian banyak orang. Belum lagi bahan pokok yang sering melonjak harganya. Akan tetapi, hal ini dapat diatasi jika kita pintar-pintar bisa membelanjakannya dengan bijak. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu yang memiliki gaji 2 juta per bulan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta
source from canva

Mengetahui atau bisa bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta, memang menjadi sebuah keharusan. Karena, dalam zaman yang serba kapitalis ini, uang menjadi hal yang paling gampang menghilang atau habis. Hal ini disebabkan karena banyak kebutuhan dan keinginan pribadi yang tak pernah berhenti.

Nah, bagi kamu yang memiliki gaji atau pendapatan kecil, mengelola keuangan pribadi harus dilakukan secara bijak dan cerdas. Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta? Simak poin-poin berikut ini.

Bacaan Lainnya

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji 2 Juta

  1. Mencatat pengeluaran

Langkah awal mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta adalah mencatat setiap pengeluaran yang terjadi. Biasanya terjadi setiap kurun waktu tertentu, misalnya mingguan atau bulanan. Nah, catatan pengeluaran tersebut bisa dijadikan evaluasi atau patokan untuk ke depannya. Jadi, kamu bisa melakukan persiapan budget yang akan kamu keluarkan.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

  1. Tidak berhutang

Sebagian dari orang merasa bahwa pendapatannya kecil dan kurang mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Maka dari itu, banyak orang yang meminjam uang atau berhutang pada bank bahkan pada bank keliling. Pintar mengelola keuangan pribadi sangat wajib dilakukan. Jika kamu mempunyai hutang maka usahakan untuk segera dilunasi dan tanamkan pada diri sendiri untuk tidak berhutang lagi.

  1. Melakukan alokasi gaji

Gunakan metode 50/30/20 untuk mengalokasikan gaji kamu. Maksudnya adalah alokasikan 50% gajimu untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% ditabung atau investasi. Atau kamu juga bisa memilih metode alokasi gaji sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta
source from canva

Jika pengeluaran yang kamu butuhkan banyak, maka kamu bisa menggunakan metode alokasi seperti 80% gaji untuk kebutuhan pokok dan 20% untuk tabungan, investasi atau kebutuhan lainnya. Misalnya, gaji 1,6 juta untuk makan, listrik dan transportasi. Lalu, sisanya 400 ribu untuk ditabung dan investasi.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta tidak akan berhasil jika hidup kamu sembarangan atau hidup tidak sehat. Maka dari itu, perlunya menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Kita tidak tahu kapan penyakit itu datang, hal ini bisa jadi salah satu faktor pengeluaran yang tak terduga.

Sehat itu bukan kemewahan, sehat itu murah. Tetapi, akan menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja, Pelajar Wajib Tahu!

  1. Menyiapkan dana darurat

Menyiapkan dana darurat merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi kamu. Banyak hal yang tidak dapat diprediksi dalam hidup ini. Seringkali terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan, seperti sakit, kecelakaan dan hal-hal yang datangnya dadakan. Maka dari itu, sisihkan sebagian gaji kamu untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti namanya dana darurat ini hanya untuk hal yang bersifat darurat saja.

  1. Hindari pengeluaran yang tidak penting

Kebutuhan sekunder atau kebutuhan hiburan adalah salah satu bagian yang dianggarkan. Tetapi, usahakan untuk memotong atau hindari pengeluaran yang tidak terlalu penting ini. Seringkali kebutuhan hiburan atau hal-hal kecil tidak terlalu penting untuk masuk ke dalam anggaran pengeluaran.

Misalnya, berlangganan TV hiburan tetapi jarang di tonton. Untuk hal ini kamu bisa melakukan pertimbangan untuk berhenti berlangganan. Dan alokasikan dana tersebut untuk di tabung sebagai dana darurat atau investasi.

Nah, itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta yang bisa kamu lakukan. Cara-cara di atas bisa berjalan dengan sukses jika kamu melakukannya dengan konsisten dan rajin. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *