Geblek, Olahan Aci Khas Kulon Progo yang Harus Dicoba

Geblek
Sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id

Jogjakeren.com – Semakin maju dunia kuliner juga membuat banyak jenis makanan tradisional ikut melambung. Bahkan tidak heran lagi jika makanan khas dari suatu daerah menjadi terkenal juga di daerah lain. Salah satunya adalah berbagai olahan dari aci. Mulai dari aci gulung (cilung), aci telor (cilor), aci goreng (cireng), dan masih banyak lagi variannya. Termasuk gorengan khas Kulon Progo bernama geblek.

Aci sendiri merupakan jenis tepung yang terbuat dari singkong. Dengan nama lain tepung tapioka hingga tepung kanji, bahan makanan ini mudah sekali dicampurkan dengan bahan makanan lain. Itulah kenapa aci yang digoreng sederhana pun dapat menjadi camilan yang enak.

Itulah konsep yang dimiliki Geblek, makanan khas Kulon Progo. Tahukah kamu bahwa Geblek juga sebenarnya termasuk dalam olahan aci? Bahkan bisa jadi camilan, ini termasuk dalam kategori olahan aci paling awal.

Bedanya dengan olahan aci yang lain, geblek dapat dipasangkan dengan berbagai jenis saus atau cocolan. Pada dasarnya, geblek adalah adonan aci yang dibentuk menyerupai angka 8 kemudian digoreng. Setelah matang, makanan berwarna putih ini siap disantap. Rasanya yang gurih dan cenderung asin membuat banyak saus dapat dipasangkan.

Semakin terkenal dan mulai dinikmati lebih banyak orang, geblek ternyata dapat dihidangkan dengan berbagai cara. Mulai dari menyantapnya bersama saus sambal, sambal kecap pedas, hingga kuah pempek pun bisa menjadi pasangannya.

Ini sangat bergantung pada selera dan referensi kamu soal camilan. Camilan yang satu ini sangat disarankan untuk dinikmati ketika masih panas atau hangat. Karena sifat dari tepung tapioka yang akan semakin alot cenderung keras. Terutama setelah melewati proses penggorengan kemudian dingin.

Untuk mencoba camilan ini, dibutuhkan keahlian dalam mengolahnya. Terutama dalam hal menggoreng. Kamu pasti pernah melihat orang yang terpaksa menggunakan helm atau pelindung lain untuk menggoreng sesuatu. Nah, salah satu bahan makanan yang membutuhkan perlakuan tersebut adalah geblek.

Tentu saja jika pembuatnya sudah ahli, hal ini bukan menjadi masalah yang berarti. Jadi, daripada kamu repot-repot memasaknya sendiri, lebih baik kamu membelinya langsung. Kamu akan menemukan banyak penjual geblek saat mengunjungi Kulon Progo. Tunggu apa lagi? Kreasikan aci khas Kulon Progo ini dengan saus favorit kamu.

Baca Juga: Jogja Punya YIA, Bandara Keren di Kulon Progo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.