Raih 4 Emas, Persinas ASAD Kulon Progo Buktikan Prestasi

Jogjakeren.com – Persinas ASAD meraih 4 emas, 2 perak, dan 2 perunggu pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Kulon Progo. Acara dilaksanakan selama 2 hari tepatnya  Sabtu dan Minggu, 22 – 23 Januari 2022. POPDA menjadi kejuaraan pertama setelah 2 tahun berturut-turut terpaksa vakum akibat pandemi Covid-19. POPDA diikuti sekitar 11 perguruan pencak silat di Kulon Progo.

Kulon Progo sendiri memiliki sedikitnya 13 perguruan pencak silat yang aktif mengikuti berbagai kejuaraan, termasuk POPDA. Meski tidak semua perguruan tersebut berpartisipasi, namun semangat bersaing selalu terasa. Setiap tim juga mengirimkan banyak atlet yang berada di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Read More

Acara yang berlangsung dari pagi hingga malam ini mendapat antusias, termasuk dari masyarakat yang mayoritas adalah keluarga dan kerabat para atlet. Hari pertama diawali dengan lomba cabang seni pencak silat. Kemudian dilanjutkan pertandingan tunggal sesuai dengan kelasnya masing-masing. Menghadirkan 2 gelanggang sekaligus, hari pertama ditutup sekitar pukul 22.00 WIB dan pada pukul 19.00 WIB di hari kedua.

Persinas ASAD Kulon Progo

Salah satu perguruan pencak silat yang menyabet banyak prestasi adalah Persinas ASAD. Kontingen yang dikelola oleh Manajer Muksen dan Adekusumandoko ini berhasil mencetak prestasi pada berbagai kategori yang ada. Melalui ajang olahraga yang digelar di GOR Cangkringan, Giripeni, Wates ini, Persinas ASAD menunjukkan prestasi generasi unggul mereka.

Dari semua perguruan pencak silat yang mengikuti kompetisi ini, Persinas ASAD bukan termasuk perguruan yang mengirimkan atlet dalam jumlah besar. Dari puluhan atlet yang ada, perguruan ini mengirimkan 13 atlet yang berasal dari berbagai kecamatan, di antaranya adalah samigaluh, pengasih, dan temon. Kontingen yang kecil tak membuat para atlet yang dikirimkan berkecil hati pula. Mereka tetap semangat menghadapi atlet dari perguruan pencak silat lainnya.

persinas asad

Rohmat Hartono, sebagai panitia sekaligus pembimbing dari perguruan Persinas ASAD mengatakan POPDA menjadi salah satu ajang meraih prestasi bagi para pelajar di Kulon Progo. “Alhamdulillah, Persinas ASAD tidak pulang dengan tangan kosong. Beberapa medali kemenangan ini akan menjadi penyemangat bagi tim ke depannya,” katanya.

Untuk para atlet yang berhasil menorehkan prestasinya di bawah nama Persinas ASAD adalah sebagai berikut:

Medali Emas

  1. Daru Prasetyo Prayitno
  2. Aditya Alfiansyah
  3. Raditya Bagus Susanto
  4. Luthfi Asad C

Medali Perak

  1. Fahda Abdillah R I
  2. Rasya Fauzi Alkhotani

Medali Perunggu

  1. Firman Ginanjar J. A
  2. Barik Maulana

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.