Kunjungi Omah Fatma, LDII DIY Dorong Ecoprint Jadi Usaha Kreatif Generus

  • Whatsapp
Omah Fatma
Kunjungan LDII DIY di Lokasi Usaha Kreatif Ecoprint, Omah Fatma (Senin, 29/11/2021)

Jogjakeren.com – Menyusul tingginya atensi terhadap karya ecoprint, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY mengunjungi Omah Fatma pada Senin (29/11/2021).

Dalam kunjungannya, Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. bersama Ketua DPP LDII Koordinator Bidang Litbang, IPTEK, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (LISDAL) Prof. Dr. Ir. H. Sudarsono, M.Sc. melihat koleksi berbagai tanaman warna dan menyimak langsung detail alur produksi ecoprint. Selain itu, Atus juga ingin mengkaji produk usaha kreatif berbasis cinta lingkungan ini dari sisi ekonomi dan pemberdayaan.

Bacaan Lainnya

Omah Fatma mendayagunakan kekayaan alam sebagai bahan produksi ecoprint. Hal ini selaras dengan semangat penghijauan yang dilansir oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII. Berbagai karya kreatif ecoprint menjadi suguhan menarik bagi para tamu undangan di tengah seremoni Launching Penanaman Pohon oleh DPP LDII di Bumi Perkemahan, Dewaruci, Bantul pada Minggu (28/11/2021) sore.

Ecoprint merupakan jenis karya yang dalam prosesnya menggunakan daun, kulit pohon, akar pohon, kayu, dan serat tumbuhan. Motif alam ini dapat dipindahkan ke berbagai media, seperti kain, baju, sajadah, hijab, keramik, dan kertas.

Dalam kesempatan ini, Ira Fatma turut mengapresiasi Launching Penanaman Pohon oleh LDII yang melibatkan penanaman pohon warna. “Dengan menanam pohon warna, bahan baku ecoprint tersedia atau mudah didapatkan. Hal ini tentu bisa menghemat ongkos produksi ecoprint, serta menghindari eksplorasi alam yang berlebihan,” tutur Ira, penggagas usaha ecoprint Omah Fatma, Senin (29/11/2021).

Atus menegaskan bahwa LDII DIY mendorong ecoprint bisa menjadi usaha kreatif untuk para generasi penerus (generus). Meurutnya, usaha ecoprint juga mendukung 8 program pengabdian LDII untuk bangsa. “Sebab, usaha ini mampu menjadi representasi dari berbagai bidang, meliputi ekonomi, lingkungan hidup, sumberdaya manusia, pemberdayaan perempuan, dan kesejahteraan,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.