Pembiasaan Manajemen Waktu Sejak Usia Dini

Manajemen Waktu
Ilustrasi (Foto: enervon.co.id)

Jogjakeren.com – Manajemen waktu penting bagi anak usia dini karena dapat melatih kedisiplinan anak. Manajemen waktu merupakan suatu seni mengatur, mengorganisasi, menjadwalkan, serta menganggarkan waktu seseorang untuk menghasilkan kerja lebih efektif dan produktif.

Manajemen waktu mencakup tindakan menata, menjadwal, mengorganisasi, dan mengalokasikan setiap waktu seseorang yang digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas hariannya (Gea, 2014).

Untuk melatih kebiasaan memanajemen waktu maka harus dilakukan sejak usia dini. Selain dapat melatih kedisiplinan juga dapat melatih kemandirian anak. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak dalam manajemen waktu adalah dengan membuat jadwal kegiatan, menyediakan waktu luang bagi anak, memberikan hadiah, dan memberikan nutrisi yang cukup.

Mengajak anak membuat jadwal kegiatan merupakan salah satu langkah awal dalam mengajari anak untuk mengatur waktu. Hal tersebut akan membantu anak lebih terarah dan lebih teratur dalam menjalankan kegiatan hariannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa jangan membuat jadwal kegiatan yang overschedule. Jangan memasukkan banyak kegiatan yang dapat membuat anak merasa tidak nyaman, kewalahan, dan kelelahan dengan kegiatan hariannya.

Setelah membuat jadwal kegiatan tersebut, pastikan anak juga memiliki jadwal untuk waktu bebasnya atau waktu luangnya. Waktu luang dapat digunakan untuk bermain, tidur, dan untuk melakukan hal-hal yang anak senangi.

Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi anak karena telah mengikuti jadwal kegiatannya maka anak dapat diberikan hadiah. Hadiah dapat berupa barang yang anak senangi atau berupa pujian. Akan tetapi, dalam memberikan hadiah jangan berlebihan karena hadiah tersebut bertujuan untuk memotivasi anak bukan untuk memanjakan anak.

Agar anak dapat mengikuti jadwal kegiatan yang telah dibuat, anak memerlukan energi. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi anak harus tercukupi. Anak harus mengonsumsi makanan yang sehat dan yang membantu anak fokus dalam menjalankan jadwal kegiatannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.