Ramadan di Perantauan

Ramadan Perantauan
Ilustrasi (Foto: hipwee.com)

Jogjakeren.com – Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh penjuru dunia, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, mereka berbondong-bondong dengan sukacita menyambut datangnya bulan suci ini.

Bulan Ramadan sangat identik dengan kebersamaan keluarga, di mana momen-momen saat sahur dan buka bersama keluarga, hampir menjadi suatu kewajiban yang tidak boleh terlewat bagi satu-satunya keluarga, bukan tanpa sebab, karena memang momen-momen itulah yang membuat ikatan keharmonisan dalam keluarga semakin erat.

Read More

Tidak heran, banyak sekali orang yang rela mengorbankan dan menyempatkan waktunya, untuk sekedar sahur atau berbuka sembari bersenda gurau bersama keluarga kecilnya. Namun bagaimanakah nasib para perantau yang mau tidak mau, harus jauh dari keluarga? Mari kita bahas.

Bagi sebagian orang yang dituntut pekerjaan, anak yang sedang bersekolah di boarding school, ataupun mahasiswa yang harus kuliah di luar kota, tentunya mau tidak mau mereka harus menjalani bulan Ramadan ini dengan tanpa keluarga, bahkan mungkin sendiri. Tentunya bukan hal yang mudah untuk menjalani kesendirian dalam bulan Ramadan ini, karena keluarga juga merupakan salah satu support sistem yang sangat kita perlukan.

Namun bagi kalian para pejuang rantau jangan risau, karena dengan komunikasi jarah jauh yang intens, maka jarak pun tak mampu membatasi keharmonisan keluarga kalian, tetaplah saling berkomunikasi dengan telepon atau video call bersama keluarga kalian, dan berusahalah selalu menciptakan positive vibes.

Kendati demikian, kita hendaknya mengingat bahwa bulan Ramadan ini adalah bulan yang barokah, di mana semua kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya, maka dari itu, bagaimanapun keadaan kita, baik sedang bersama keluarga ataupun sedang jauh dari keluarga, kita harus senantiasa berbuat baik, karena jauh dari keluarga, bukanlah sebuah alasan untuk tidak berbuat baik. “Berusahalah selalu berbuat baik, di mana saja, kapan saja, dan bagaimanapun keadaan kalian.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.