Transaksi Kekinian: Just Scan and Pay

Transaksi Kekinian
Ilustrasi (Foto: qris.id)

Jogjakeren.com – Transaksi di era digital semakin mudah dan nyaman. Transaksi tidak harus dilakukan secara tunai. Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada tanggal 17 Agustus 2019 untuk memudahkan transaksi melalui smartphone.

QRIS merupakan penyatuan berbagai QR dari beberapa Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Dulunya, penjual harus menyediakan banyak QR Code di meja kasir. Pembeli pun diharuskan mengunduh aplikasi pembayaran sesuai dengan QR Code yang disediakan oleh penjual. Hal ini tentu saja membuat transaksi menjadi tidak praktis. Maka dari itu, BI menerbitkan alat pembayaran melalui satu pintu berupa QRIS.

Read More

Penggunaan QRIS menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Keuntungan penjual yang menjadi merchant QRIS antara lain tidak harus menyediakan uang kembalian, terhindar dari uang palsu karena transaksi dilakukan secara digital, lebih praktis karena hanya menyediakan satu QR saja, transaksi tercatat otomatis sehingga memudahkan pembukuan dan pengelolaan kas, dan sebagainya.

Adapun keuntungan pembeli yang menggunakan aplikasi pembayaran antara lain tidak perlu membawa uang tunai, tidak perlu memikirkan siapa pihak penyelenggara QR Code yang dipasang penjual, transaksi cepat dan aman karena penyelenggara QRIS memiliki izin dan diawasi BI. Just scan and pay, pembeli sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Seluruh pedagang yang mempunyai usaha baik mikro, kecil, menengah, dan besar dapat menjadi merchant QRIS. Bahkan pembayaran donasi, infaq, parkir, dan lainnya dapat menggunakan QRIS. Pedagang yang menjadi merchant QRIS tidak harus mempunyai tempat usaha secara offline. Pedagang yang berjualan secara online pun tetap bisa menjadi merchant QRIS. Nantinya, pembeli memindai QR Code yang dikirimkan oleh penjual ketika melakukan pembayaran melalui aplikasi.

Untuk mendaftar menjadi merchant QRIS, para pedagang dapat mengunjungi kantor cabang bank konvensional maupun syariah terdekat. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website www.qris.id dan melakukan registrasi sesuai dengan petunjuk yang telah dicantumkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *