Aksi Bela Negara: Menjaga dan Merawat Rupiah

  • Whatsapp
Merawat Rupiah
Ilustrasi (Foto: teknologi.id)

Jogjakeren.com – Rupiah menjadi kebutuhan setiap masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Namun, perlu diketahui bahwa rupiah tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran saja.

Uang rupiah merupakan simbol kedaulatan NKRI yang wajib untuk selalu dijaga dan dirawat. Cara menjaga dan merawat rupiah dapat dilakukan dengan menerapkan 5 J (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi).

Bacaan Lainnya

Uang yang dijaga dengan baik akan mempunyai masa edar yang panjang sehingga bisa mengurangi pengeluaran negara. Biaya untuk mencetak sekaligus mendistribusikan uang rupiah ke seluruh pelosok tanah air sangatlah mahal.

Setiap tahun Bank Indonesia (BI) menggelontorkan triliunan rupiah untuk biaya tersebut. Proses pencetakan uang juga membutuhkan waktu berbulan-bulan karena prosesnya rumit. Pihak BI harus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk membuat desain rupiah sehingga bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, pihak BI juga terus meningkatkan keamanan rupiah pada saat mengeluarkan uang emisi baru sehingga pemalsuan semakin mudah diminimalisir.

Dalam menyimpan uang, masyarakat dianjurkan untuk memakai dompet yang panjang dan tidak lipat. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga dan merawat uang. Apabila ingin yang lebih praktis, masyarakat dapat menggunakan berbagai aplikasi dompet digital atau e-wallet. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan internet atau mobile banking.

Apalagi semenjak pandemi, pembayaran secara digital meningkat pesat. Adanya penggunaan e-wallet, internet banking, maupun mobile banking tentunya mempermudah transaksi karena hanya dilakukan melalui smartphone saja. Masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk pergi ke bank atau pun mengantri di ATM.

Penggunaan aplikasi digital untuk melakukan berbagai transaksi digital sangat menguntungkan negara dimana negara bisa memangkas biaya pencetakan dan pendistribusian uang dan lebih mudah dalam mengendalikan jumlah uang yang beredar.

Transaksi digital juga mempercepat perputaran uang sehingga bisa meningkatkan perekonomian negara. Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan adanya uang palsu karena transaksi dilakukan secara digital. Kemudian, transaksi menggunakan aplikasi digital juga kerap menawarkan berbagai promo dan cashback. Penggunaan aplikasi digital mampu menjaga dan merawat rupiah karena uang tidak akan lusuh dan rusak. Perlu dipahami bahwa perbuatan menjaga dan merawat rupiah merupakan wujud dari bela negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.