Walau Pandemi Covid-19, LDII Pesan 5 Sukses Ramadan Tetap Dijaga

  • Whatsapp
Ramadan
Spanduk DPD LDII Kota Yogyakarta yang berisi ajakan menyukseskan ibadah di bulan Ramadan.

jogjakeren.com – Bagi umat Islam ada satu bulan yang ditunggu-tunggu, yakni Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Allah memberikan lipatan pahala yang tak terhingga, bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Guna menyambut datangnya Bulan Ramadhan ini sudah selayaknya bagi umat Islam untuk lebih meningkatkan ibadah dibandingkan bulan lainnya.

Hanya saja, Bulan Ramadhan 1441 H/2020 M kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini dunia sedang berada dalam pandemi virus Corona (Covid-19), sehingga ibadah pada bulan Ramadhan tidak dilaksanakan sebagaimana biasanya.

Bacaan Lainnya

Ramadhan saat COVID-19

Begitu pula di Indonesia, pemerintah melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemerintah  memberikan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Selain itu, pemerintah juga mengimbau untuk menjaga jarak (physical distancing). Hal tersebut berdampak pada pembatasan kegiatan di tempat-tempat ibadah. Salah satunya masjid yang biasanya tidak pernah sepi saat Bulan Ramadhan.

Untuk itu, pada Bulan Ramadan yang sedianya umat Islam meramaikan masjid, kali ini semuanya hanya bisa dilakukan di rumah. Namun hal tersebut diharapkan tidak akan mengubah nikmatnya menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan.

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) sebagai ormas Islam, dalam menghadapi pandemi Covid-19 mengimbau untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah. Di Bulan Ramadhan ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota/Kabupaten se-DIY senantiasa berpesan agar umat Islam tetap mempersungguh ibadah di bulan yang penuh barokah.

Ramadan

Spanduk DPD LDII Kota Yogyakarta yang berisi ajakan menyukseskan ibadah di Bulan Ramadhan.

Program 5 Sukses Ramadhan

LDII DIY mengajak kepada umat Islam agar program 5 sukses Ramadhan tetap dijaga, dilaksanakan dan ditingkatkan meski ditengah pandemi Covid-19.

Ajakan LDII tersebut dipublikasikan dalam bentuk spanduk yang dipasang di tempat dimana orang mudah untuk membacanya. Lebih dari 50 spanduk telah terpasang, baik di tengah kota maupun di pelosok-pelosok pedesaan sebagaimana dilakukan oleh DPD LDII Kulonprogo.

Pandemi Covid-19 ini merupakan cobaan yang diberikan oleh Allah kepada umat islam. Adanya cobaan ini diharapkan tidak menurunkan semangat dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan. Bagi umat Islam yang bisa menjalani cobaan ini dengan sabar maka akan mendapatkan pahala yang besar, terlebih lagi saat bulan Ramadhan. Sabar yang dimaksud adalah dengan tetap melaksanakan ibadah bahkan bisa menyukseskan program 5 sukses Ramadhan sebagaimana yang digaungkan oleh LDII.

1. Sukses Puasa

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.  Puasa di Bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi orang Islam.

Mengerjakan puasa juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Untuk itu, umat Islam diajak untuk berhasil melaksanakan puasa sebulan penuh dengan sebaik-baiknya. Mengingat puasa adalah perintah Allah secara langsung yang termaktub di dalam Al-Qur’an, Surah Albaqoroh:183.

2. Sukses Salat Tarawih

Umat Islam diajak untuk rutin melaksanakan salat tarawih meskipun di tengah pandemi Covid-19. Salat tarawih adalah salah satu ibadah sunah yang dinantikan umat Islam dan ramai-ramai dilaksanakan di Masjid. Meskipun salat tarawih Bulan Ramadhan kali ini dilaksanakan di rumah, jangan sampai dalam satu bulan ini ada malam yang terlewatkan sehingga tidak melaksanakan salat tarawih.

Keutamaan salat tarawih, disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang berdiri di Bulan Ramadhan (salat) karena dasar iman dan mencari pahala maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang terdahulu.”

3. Sukses Membaca Al-Qur’an

Sehubungan dengan himbauan pemerintah untuk dirumah saja, maka bagi umat islam supaya memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dianjurkan pula untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an minimal satu kali bagi yang sudah lancar membaca Al-Qur’an. Bagi yang belum lancar maka diajak untuk belajar lebih giat lagi, mengingat pahala membaca Al-Qur’an sangatlah besar.

Diriwayatkan dalam Hadist Tirmidzi, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

4. Sukses Lailatur Qodar

Pada malam ke-21 dan seterusnya umat islam akan menjumpai satu malam yang disebut ‘lailatul qodar’. Apabila secara kebetulan sedang beribadah pada saat turunnya lailatul qodar, maka Allah akan memberi pahala kepadanya sama seperti orang yang beribadah selama 1000 bulan. Jika dihitung-hitung, maka sama halnya beribadah selama 83 tahun lebih. Hal ini sesuai firman Allah yang tertera di dalam Surah Al-Qodar ayat 3-5.

5. Sukses Zakat Fitrah

Setelah puasa Ramadhan, Allah memberi kewajiban kepada umat Islam untuk membayar zakat fitrah. Yang nantinya zakat tersebut akan dibagikan kepada 8 golongan, yakni: fakir, miskin, amil, muallaf, budak, musafir, ghorim (orang yang keberatan hutang) dan sabilillah.

Zakat fitrah termasuk penutup amalan di bulan Ramadhan, semua amalan akan sia-sia atau tidak sampai kepada Allah jika tidak menunaikan zakat fitrah. Sebagai pembeda dari zakat yang lain, zakat fitrah harus dibayar sebelum umat islam keluar rumah untuk melaksanakan salat idul fitri.

Pada bulan Ramadhan kali ini, LDII DIY berharap semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dan berpesan agar program 5 sukses Ramadhan tetap dijaga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *