Ada Kesempatan Bagi Mahasiswa D3-S1 Meraih Beasiswa Dari Pertamina

Beasiswa Pertamina
Beasiswa Sobat Bumi 2024

Jogjakeren.com – Sejak akhir bulan Januari 2024, PT Pertamina (Persero) membuka program beasiswa Beasiswa Sobat Bumi 2024 untuk mahasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4). Beasiswa ini memberikan beragam manfaat untuk penerimanya, mulai dari bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, capacity building terkait pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan energi terbarukan, serta jejaring mahasiswa seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman beasiswa.pertaminafoundation.org, disebutkan bahwa mulai dari masa pandemi beberapa tahun lalu hingga saat ini, penerima terus meningkat. Pada tahun 2020 berjumlah 285 mahasiswa, tahun 2021 berjumlah 381 mahasiswa, tahun 2022 berjumlah 420 mahasiswa, dan tahun 2023 berjumlah 465 mahasiswa.

Juga dari laman di atas, Fajriyah Usman, Vice President CSR & SMEPP Pertamina mengatakan Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa. Selain itu, program beasiswa ini juga menjadi program yang mendukung pemerintah khususnya dalam berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan, antusiasme mahasiswa terhadap Beasiswa Sobat Bumi sangat tinggi, bahkan tidak pernah surut setiap tahunnya. Mereka akan diseleksi ketat lewat berbagai tahapan melalui metode perangkingan, mulai dari administrasi, wawancara, dan focus group discussion.

Bagi para mahasiswa yang tertarik, bisa melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi 2024 ini secara online melalui laman pertaminafoundation.org yang akan ditutup pada tanggal 24 Februari 2024. Berikut ini persyaratannya:

  1. Mahasiswa mitra perguruan tinggi Beasiswa Sobat Bumi (38 perguruan tinggi)
  2. Mahasiswa aktif minimal semester 2 dan maksimal semester 6
  3. IP dan/atau IPK terakhir >/3,00
  4. Tidak sedang menerima beasiswa periode Januari-Desember 2024
  5. Memiliki sertifikasi Bahasa Inggris menjadi nilai tambah
  6. Membuat esai dengan tema “Kontribusiku untuk Pencapaian Net Zero Emission”
  7. Aktif mengikuti organisasi kemasyarakatan atau lingkungan hidup

 

Yang perlu digarisbawahi, segala proses seleksi Beasiswa Sobat Bumi tidak dipungut biaya apapun. Untuk informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Sobat Bumi 2024 ini dapat diakses pada laman website pertaminafoundation.org dan media sosial resmi Pertamina Foundation. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan Pertamina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *