Beberapa Fakta dan Tips Mengatur Pola Makan yang Sehat

  • Whatsapp
pola makan yang sehat
Beberapa Fakta dan Tips Mengatur Pola Makan yang Sehat

Jogjakeren.com – Pola makan yang sehat sangatlah penting untuk diterapkan oleh siapa saja. Berbagai manfaat akan didapatkan dengan menerapkan pola makan yang menyehatkan, baik untuk anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang yang lanjut usia.

Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan atau mengatur pola makannya. Mayoritas orang hanya cenderung mencari yang nikmat untuk disantap, serta instan atau mudah untuk dikonsumsi.

Padahal, berbagai makanan, serta pola makan yang tidak baik, dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan yang sangat berbahaya. Maka sangat penting bagi Anda untuk bisa mengatur pola makan dan menu makan yang baik dan menyehatkan.

pola makan yang sehat
Fakta dan Tips Mengatur Pola Makan yang Sehat

Beberapa Fakta Pola Makan yang Sehat

Menurut Dietary Guidelines for American 2015 – 2020, pola makan yang tergolong sehat adalah lebih menekankan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak. Selain itu, jenis makanan lainnya adalah daging tanpa lemak, ikan, serta telur.

Terdapat beberapa fakta terkait dengan penjagaan pola makan yang belum banyak diketahui, yaitu:

Mencegah Berbagai Penyakit

Selain melindungi tubuh dari malnutrisi, menjaga pola makan juga mampu mencegah berbagai penyakit. Dalam hal ini, penyakit yang dimaksud adalah penyakit tidak menular, seperti diabetes, stroke, dan kanker.

Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Kesehatan Jangka Panjang

Menjaga pola makan yang baik dan sehat mampu mendorong pertumbuhan yang sehat serta meningkatkan perkembangan kognitif. Selain itu, pola makan sehat juga akan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Berbagai gangguan seperti obesitas atau berat badan berlebih, serangan jantung, diabetes, hingga kanker dapat dicegah.

Mengurangi Konsumsi Gula

Pola makan yang sehat salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Membatasi asupan gula hingga 10% dari total asupan energi merupakan bagian dari pola hidup yang sehat. Sementara itu, pengurangan hingga 5% akan memberikan manfaat kesehatan lain bagi tubuh.

Mengurangi Konsumsi Garam

Hipertensi dan serangan jantung seringkali menyerang orang-orang dewasa. Hal ini dapat dicegah, salah satunya dengan mengatur pola makan, yakni dengan mengurangi konsumsi garam.

Konsumsi garam kurang dari 2 gram per hari akan membantu mencegah terjadinya hipertensi serta risiko penyakit jantung dan stroke.

Makan Makanan Favorit dengan Sehat

Makan yang sehat adalah terkait dengan keseimbangan makanan, yakni menyesuaikan berbagai kebutuhan nutrisi tubuh, serta menjaga agar tidak berlebihan. Dalam menerapkan pola makan sehat, Anda bisa tetap mengonsumsi makanan favorit Anda.

Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan sesekali saja serta menyeimbangkan dengan makanan yang lebih sehat serta lebih banyak aktivitas fisik. Berikut ini beberapa tips untuk hidup sehat meski tetap mengonsumsi makanan favorit yang mungkin kaya akan kalori, gula, dan lemak:

Kurangi Frekuensi Makan

Untuk tetap bisa menerapkan pola makan sehat, Anda harus mengurangi frekuensi makan makanan favorit Anda. Atur hingga Anda bisa menguranginya menjadi sekali seminggu atau sekali dalam sebulan.

Mengurangi Porsi Makanan

Anda juga harus bisa mengurangi porsi makanan favorit Anda. Sebab, makanan favorit Anda mungkin mengandung kalori yang tinggi, sehingga tetap harus Anda batasi.

Buat Resep Baru Rendah Kalori

Tips lain agar Anda bisa tetap menyantap makanan favorit Anda adalah dengan membuat resep baru yang rendah kalori. Anda bisa memilih bahan-bahan yang lebih sehat dan rendah kalori. Dengan demikian, Anda bisa tetap sehat meskipun mengkonsumsi makanan favorit Anda.

Berbagai fakta dan tips mengatur pola makan yang sehat di atas bisa Anda terapkan untuk menuju ke arah kehidupan yang lebih sehat. Selain mengatur pola makan, Anda juga harus menyeimbangkan aktivtias fisik, waktu untuk istirahat, serta mengatur stres.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *