Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
manfaat puasa bagi kesehatan
Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Jogjakeren.com – Puasa merupakan salah satu amalan yang dikerjakan oleh umat Islam. Berpuasa dilaksanakan dengan tidak makan dan minum serta menahan hawa nafsu dan emosi, mulai dari sebelum subuh hingga adzan maghrib. Di samping pahalanya yang besar, ternyata manfaat puasa bagi kesehatan tubuh sangatlah luar biasa.

Amalan puasa sendiri dalam Islam dapat dikategorikan sebagai puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib yakni puasa yang dikerjakan selama 1 bulan penuh, yakni pada saat bulan Ramadhan. Sementara itu, terdapat berbagai puasa sunnah yang bisa dilaksanakan, seperti puasa asyura, puasa Senin-Kamis, puasa syawal, puasa Nabi Daud, dan masih banyak lagi.

Bagi umat Islam, amalan puasa ini dapat menghasilkan pahala yang sangat melimpah sebagai bekal di akhirat nanti. Mulai dari puasa wajib ditambah dengan berbagai amalan puasa sunnah lainnya, dikerjakan oleh umat Islam untuk mencapai derajat yang tinggi di surga kelak.

Puasa sunnah memiliki berbagai kefadhalan seperti diampuni dosanya satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang, yakni kefadhalan puasa Arafah. Pahala lainnya adalah sebagaimana seseorang itu puasa selama satu tahun, yakni kefadhalan puasa Syawal, dan masih banyak kefadhalan lainnya.

manfaat puasa bagi kesehatan
Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain pahalanya yang begitu besar, puasa juga mampu memberikan berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan BBC Good Food, puasa mampu memberikan berbagai manfaat yang luar biasa termasuk pencegahan penyakit serta penjagaan kesehatan fungsi organ tubuh.

Berbagai penelitian juga telah dilakukan terkait dengan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa berpuasa mampu membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Berpuasa juga mampu membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes, meskipun memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih akurat.

Membantu Tubuh Melawan Kanker

Sebuah penelitian juga dilakukan berkaitan dengan puasa dan kekebalan tubuh dalam menghadapi sel kanker payudara. Hasil menunjukkan bahwa puasa malam lebih dari 13 jam dapat membantu tubuh dalam melawan sel-sel kanker payudara.

Meskipun dalam hal ini bukanlah puasa sebagaimana yang diamalkan oleh umat Islam, namun hal ini bisa menjadi petunjuk yang luar biasa terkait dengan manfaat puasa bagi kesehatan.

Mencegah Parkinson dan Alzheimer

Studi juga menunjukkan bahwa puasa juga mampu membantu dalam mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Puasa dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak, sehingga mendukung penyimpanan dan pemrosesan memori dalam otak.

Penelitian terhadap hewan juga menunjukkan bahwa puasa mampu melindungi kesehatan otak. Dalam hal ini, puasa mampu meningkatkan regenerasi sel-sel saraf.

Membantu Mengontrol Berat Badan dan Lemak Tubuh

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mengontrol penurunan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Berbagai penelitian lain juga menunjukkan bahwa berpuasa mampu meningkatkan kemampuan dalam metabolisme pembakaran lemak, meningkatkan massa otot, serta memperbaiki komposisi tubuh dalam hal kelebihan berat badan.

Berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh di atas tentu sangatlah luar biasa jika bisa kita dapatkan. Maka dari itu, mari kita bersama-sama bisa menjadikan puasa sunnah sebagai amalan sunnah amalan, di samping wajibnya melaksanakan puasa Ramadhan. Dengan demikian, kita bisa meninggikan derajat kita di surga, serta mendapatkan berbagai kefadhalan di dunia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *