Santri Berperan Membangun Moral Bangsa

  • Whatsapp
Santri
Ilustrasi santri pondok pesantren.

Jogjakeren – Bangsa Indonesia sudah merdeka 75 tahun yang lalu. Sejarah membuktikan betapa beratnya dalam meraih kemerdekaan tersebut, dengan ditandai banyaknya korban harta benda dan jiwa. Namun lebih berat lagi, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sesuai cita-cita pejuang bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Masih banyak tindakan kurang terpuji sering terjadi dalam kehidupan di masyarakat, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat menghambat tercapainya cita-cita luhur tersebut di atas. Banyaknya kenakalan remaja dengan ditandai tawuran antar pelajar, peredaran narkoba yang hampir tidak dapat diputus mata rantainya, dan korupsi serta pungli yang hampir menjadi tradisi.

Sebenarnya semua tindakan tersebut tidak akan terjadi apabila masing-masing memiliki moral yang kuat. Untuk membentuk moral kuat yang ditandai dengan akhlak terpuji, Joko Widodo tidak lama setelah dilantik menjadi presiden langsung mencanangkan gerakan revolusi mental agar kualitas pada setiap sendi kehidupan sesuai dengan norma yang berlaku.

Banyaknya tindakan kurang terpuji seperti tersebut di atas antara lain disebabkan rendahnya kualitas moral. Santri yang telah dibekali dengan moral kuat, akan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-harinya dengan tindakan berdasar akhlak mulia, sehingga dapat membedakan benar dan salah, halal dan haram maupun dosa dan pahala.

Apabila akhlak mulia ini menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, niscaya mereka akan takut melakukan tindakan kesalahan. Tawuran antar pelajar, peredaran narkoba dan pungli serta korupsi yang akhir-akhir ini banyak terjadi di berbagai daerah, niscaya tidak akan terjadi dengan landasan moral kuat dan akhlak terpuji setiap warga negara. Mereka akan bertindak secara jujur dan amanat sehingga sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Dicanangkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, disamping menghargai perjuangan para santri zaman dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan, juga diharapkan santri dapat memberi contoh dalam melakukan setiap pola berkehidupan sehari-hari. Terwujudnya masyarakat adil dan makmur dapat dicapai dengan moral dan akhlak terpuji. Selamat Hari Santri Nasional 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *