Menghilangkan Kebiasaan Buruk? Simak 6 Tips Ini

  • Whatsapp
Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Salah satu contoh kebiasaan buruk yaitu bangun pagi (Foto: freepik.com)

Jogjakeren – Sebagai manusia biasa tentu saja kita bukanlah makhluk yang sempurna. Terlebih jika kita berbicara soal kebiasaan. Kebiasaan buruk sering menjadi suatu tantangan bagi kita untuk bisa menghilangkannya. Yuk kita ubah jadi kebiasaan baik!

Semakin kamu menunda untuk berubah maka semakin sulit untuk diubah

Bacaan Lainnya

Apa saja contoh kebiasaan buruk yang sering dijumpai? Misalnya ya terlalu banyak rebahan, main game, nonton film, menunda-nunda pekerjaan dan lain sebagainya.

Dengan adanya pandemi ini kita punya lebih banyak waktu sendiri maupun waktu bersama keluarga. Waktu untuk sendiri ini seringkali kita gunakan untuk memanjakan diri untuk terus melakukan kebiasaan buruk ini. Padahal, jika kita bisa meninggalkan kebiasan itu kita bisa loh menjadi lebih produktif. Kita bisa belajar bahasa baru, membaca buku-buku pengembangan diri. Kita juga bisa  belajar bisnis online.

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk tersebut?

  1. Berdoa pada Allah

    Semua hal yang ada di dunia ini dikendalikan oleh Allah. Termasuk perilaku kita. Maka dari itu berdoa kepada Allah menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Mari berdoa agar bisa terhindar dari kebiasaan buruk. Kita mohon juga pada Allah agar diberi akhlak yang baik. Kita minta agar selalu diberi ilham-ilham yang baik. Supaya bisa mempunyai kebiasaan baik.

  2. Tulis Kebiasan Burukmu

    Bukan hanya to-do list aja yang perlu ditulis. Kebiasaan buruk kita ternyata perlu ditulis juga loh. Untuk apa? Agar kita bisa lebih mudah evaluasi diri. Setelah ditulis lantas bisa sambil direnungkan. Selajutnya coba buat kata-kata komitmen. Tulis kata-kata tersebut di notes HP atau ditulis di kertas kemudian ditempel di kamar. Dengan begitu, tiap kali kamu membacanya, komitmenmu akan menjadi semakin kuat.

  3. Hindari Pemicunya

    Ketika melakukan evaluasi diri, cari pula pemicu kebiasaan buruk itu. Cari dengan teliti. Kemudian berusahalah menjauhkan diri dari pemicu-pemicu tersebut. Untuk menghindari pemicu ini lakukanlah kegiatan yang produktif.

  4. Buat Kebiasaan Baru yang Lebih Baik

    Nah, kegiatan produktif di nomor 3 bisa berupa kebiasaan baru nih. Kebiasaan baru yang lebih baik tentunya. Misal, dari yang awalnya hobi main game bisa banget diubah dengan hobi baca Al-Quran, yang biasanya suka rebahan bisa diganti dengan olah raga ringan.

  5. Cari Panutan

    Tips kelima ini cukup menarik sih. Orang yang dijadikan panutan tidak harus orang terkenal kok. Kamu bisa dengan mudah menentukan panutanmu dari lingkungan sekitar. Misal, ke masjid, ada salah seorang yang rajin beribadah, ternyata hidupnya nampak tenang dan damai.

    Kita yang menginginkan mempunyai kehidupan yang tenang dan damai dapat menjadikannya sebagai teladan. Walaupun begitu tetaplah menjadi diri sendiri. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu juga bisa mempunyai kebiasaan yang baik dengan meniru orang tapi dalam versi kamu.

  6. Minta Bantuan Pada Orang Terdekat

    Teman dekat, keluarga, sahabat di sekolah, semuanya bisa kamu mintai bantuan. Bantuan seperti apa? Kamu bisa mengajaknya sharing dan meminta pendapat mereka. Kamu juga bisa meminta mereka untuk membantu mengingatkanmu ketika mereka tau kamu sedang mengerjakan kebiasaan burukmu.

Perubahan besar dimulai dari langkah kecil. Ingin berubah? Yuk dicoba dikit-dikit. Semangat! ^_^

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *