Dana Sosial Surplus, UPK Mekar Sari Bantu Warga Kurang Mampu

UPK Mekar Sari
UPK Mekar Sari menyerahkan bantuan kepada warga di Kapanewon Tepus.

Jogjakeren.com – Membantu pengentasan kemiskinan bagi masyarakat kurang mampu merupakan program pemerintah yang selalu digulirkan agar Indonesia segera bebas dari masyarakat miskin. Lembaga Keuangan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Mekar Sari Kapanewon Tepus tahun anggaran 2021/2022, mampu mengelola keungan dana sosial surplus sehingga diupayakan bisa membantu masyarakat yang perekonomiannya tergolong tidak mampu.

“Untuk bantuan stimulant kami mengalokasikan dana surplus 260 juta, kami bantukan untuk masyarakat berkriteria miskin untuk bisa menikmati dana sosial surplus tahun 2021/2022 sehingga masyarakat yang berkriteria dan tergolong miskin di wilayah Kapanewon Tepus dapat terbantu dan terbebas dari kriteria miskin yang selama ini disandangnya,” ungkap Ketua BKAD/BKAK Sukismiyono, S.E., MM. Kapanewon Tepus saat menyerahkan bantuan stimulant kepada warga, Jumat (25/11/2022).

Read More
UPK Mekar Sari
Dana sosial surplus diberikan untuk membantu MCK di Kapanewon Tepus.

Lebih lanjut Sukismiyono juga memberikan laporan secara rinci  pemanfaatan dana sosial surplus ini. Bantuan MCK sejumlah 46 unit se-Kapanewon Tepus meliputi 5 kalurahan di antaranya Sumberwungu 7 unit, Sidoharjo 11 unit, Tepus 11 unit, Giripanggung 10 unit, Purwodadi 7 unit MCK serta 1 lantainisasi dan 1 Penampungan Air Hujan (PAH).

Sementara itu, Panewu Tepus Alsito, S.Sos. ketika ditemui media di sela-sela penyerahan prasasti mengatakan Pemerintah Kapanewon Tepus mengapresiasi kegiatan BKAKal yang memanfaatkan dana sosial surplus. “Telah perhatian kepada wilayahnya untuk memberikan bantuan MCK, ini menurut saya sangat tepat sekali penempatan dan peruntukanya,” ujarnya.

Dengan bantuan stimulant yang diberikan kepada warga ini, Panewu berharap mampu mengangkat dan mengentaskan kemiskinan warga yang saat ini tergolong dan berkriteria miskin. Karena di Kapanewon Tepus saat ini menjadi lokus kemiskinan di antara tujuh kapanewon yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

“Mudah-mudahan dengan bantuan yang dialokasikan oleh UPK Mekar Sari kepada warga masyarakat yang menerima dan dapat mengurangi kemudian Kapanewon Tepus tidak lagi menjadi wilayah lokus kemiskinan, artinya semua warga masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan hidupnya dan terbebas dari kemiskinan,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *