Hadiri Diskusi Kanwil Kemenag DIY, LDII Dukung Moderasi Beragama

Kemenag selenggarakan Diskusi

Jogjakeren.com – Untuk mengelola situasi keagamaan di Indonesia yang sangat beragam, dibutuhkan visi dan solusi yang dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam menjalankan kehidupan keagamaan. Menyikapi hal ini, Seksi Bina Paham Keagamaan dan Kepustakaan Islam Bidang Urais Kanwil Kemenag DIY menyelenggarakan kegiatan diskusi Strategi Pembinaan Korban Aliran Paham Keagamaan Islam pada hari Kamis-Jumat (20-21/01/2022). Beberapa unsur keagamaan di wilayah DIY diundang untuk berpartisipasi pada diskusi tersebut, termasuk Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Acara yang berlangsung di Prime Plaza Hotel Yogyakarta, Jalan Affandi Gejayan Yogyakarta ini dibuka oleh Kakanwil Kemenag DIY Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. yang didampingi Kabid Urais H. Nadhif, S.Ag., M.Si. Peserta terdiri dari beberapa unsur keagamaan, antara lain LDII, DMI, MDI, MTA, BPKRMI, GP Anshor, dan Pemuda Muhammadiyah masing-masing 5 peserta dari kabupaten/kota se-DIY. Juga diikuti 1 orang ketua dari masing-masing unsur tersebut.

Bacaan Lainnya

Nadhif menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama serta mendapatkan data yang akurat tentang paham keagamaan yang ada di wilayah DIY. Hal senada juga disampaikan Masmin Afif bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembinaan bagi tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan harapan untuk dilanjutkan pada periode selanjutnya dengan lebih baik dan bermanfaat bagi umat.

Masmin Afif juga menyampaikan apresiasinya yang sangat tinggi atas program-program yang selama ini dilakukan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam organisasi masyarakat yang secara sinergis dan saling mendukung dengan kegiatan, menjaga dan membina rasa toleransi umat beragama sebagai langkah upaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Narasumber Diskusi Bersama Kanwil Kemenag DIY

Beberapa narasumber memberikan materi kepada seluruh peserta yang hadir, antara lain, Kabinda DIY, Brigjen Pol Dr. Andry Wibowo, S.I.K., M.H., M. Si. dengan materi Managemen Konflik. Kasubdit Bina Faham Agama, Akmal Salim Ruhana, M.PP. dengan materi Strategi Pembinaan Korban Aliran Paham Keagamaan Islam.

Wakil ketua umum MUI DIY Dr. KH. Ahmad Zuhdi Muhdlor, membawakan materi “Peran MUI Dalam Menangani Konflik Keagamaan di Masyarakat”. Prof. Mukhtasar Syamsuddin, Ph. D. of arts, M.Hum. dengan materi “Peran Pakar Terorisme Dalam Upaya Pencegahan Masuknya Pola Pikir Radikal” dan Joko Trihatmanto, S.Pd. dengan materi “Sharing Pengalaman Korban Aliran Paham Keagamaan Islam”.

Peserta Diskusi Kemenag Berfoto Bersama
Peserta Diskusi Kemenag Berfoto Bersama

Sebagai bentuk dukungan, seluruh peserta dari LDII hadir sesuai undangan. Adapun peserta dari LDII terdiri dari Drs. H. Gatot Wardoyo mewakili DPW LDII DIY, H. Budi Setyo Wahono dari DPD LDII Kabupaten Sleman, Drs. H. Bambang Subekti, MA dari DPD LDII Kabupaten Kulon Progo, Edi Heri Pranowo, S. Pd. dari DPD LDII Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Mardjuki dari DPD LDII Kota Yogyakarta, dan H. Suhardi dari DPD LDII Kabupaten Bantul.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.