LDII Bantul Sukseskan Munas IX LDII

  • Whatsapp
Munas IX LDII
Pengurus DPD LDII Kabupaten Bantul mengikuti Munas IX LDII secara virtual, Rabu (7/4/2021)

Jogjakeren – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII 2021, pada 7-8 April 2021. Acara dibuka oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 3.750 peserta, baik secara luring terbatas maupun daring. Studio utama berada di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin Jakarta Timur dan diikuti lebih dari 310 studio mini Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Munas bertujuan untuk memilih dan menetapkan Ketua Umum DPP LDII masa bakti 2021-2026 dan dewan penasihat, serta program kerja dan rekomendasi Munas IX LDII.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya kepada LDII yang tetap menjaga warisan Bhineka Tunggal Ika.
“LDII agar selalu meningkatkan toleransi dan terbuka untuk perbedaan,” ungkap Jokowi.

Sebelum membuka Munas IX LDII, Jokowi menegaskan kembali bahwa pemerintah selalu mendorong moderasi beragama. “Setiap organisasi masyarakat keagamaan harus berpedoman beragama yang sejuk, menjunjung toleransi beragama dan menghargai perbedaan serta punya prinsip anti kekerasan,” jelasnya.

Ketua Umum DPP LDII, Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc., menyampaikan bahwa LDII senantiasa mendukung program pemerintah dalam pembangunan bangsa dengan membekali para anggotanya menjadi generasi religius dan profesional. Hal ini sesuai dengan tema Munas kali ini, yakni “Penguatan SDM Profesional Religius Untuk Ketahanan dan Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Lebih lanjut Chriswanto menjabarkan 8 program LDII sebagai wujud dukungannya terhadap program pemerintah, yang meliputi : kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi, pangan dan lingkungan hidup, kesehatan, teknologi digital dan energi baru terbarukan.
“LDII sudah melakukan program ini di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan potensi daerah masing-masing,” tuturnya.

Selama acara tersebut, protokol kesehatan diterapkan di seluruh studio, mulai dari studio utama di Jakarta hingga studio mini di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Sementara itu, DPD LDII Kabupaten Bantul mengikuti secara virtual dari studio mini di Srandakan, Bantul.

Ditemui usai pembukaan Munas IX LDII, Ketua DPD LDII Kabupaten Bantul, Nanang Dwi Antoro, S.I.P., menyampaikan bahwa warga di wilayah Bantul siap mendukung 8 program LDII seperti yang disampaikan Ketua Umum DPP LDII, Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. “Kabupaten Bantul sangat sesuai dan potensial untuk mendukung 8 program DPP LDII,” ungkap Nanang.

Di tempat yang sama, Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Bantul, H. Sujiyar, S. Pd., menyampaikan bahwa 8 program yang disampaikan diatas, juga akan diterapkan di wilayah Bantul sebagai ujud dukungannya terhadap pembangunan pemerintah daerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *