LDII DIY Hadiri Undangan Bimtek Penceramah Agama Kemenag

  • Whatsapp
Penceramah-LDII-Berfoto-Bersama-Sekertaris-MUI-DIY
Penceramah LDII Berfoto Bersama Sekertaris MUI DIY

Jogjakeren.com – Memenuhi undangan yang dilayangkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, LDII DIY mengutus beberapa penceramah untuk mengikutinya. Acara dimaksud yaitu Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama yang dihelat di Hotel Sahid Raya, Babarsari, Yogyakarta.

Sebagaimana dijelaskan oleh ketua panitia Drs H. Muklas M. Si., Bimtek ini terbagi menjadi 2 angkatan. Angkatan 1 dihelat mulai hari Senin 19 Oktober sampai dengan hari ini Selasa 20 Oktober 2020. Sedangkan Bimtek Angkatan 2 akan dihelat pada hari Rabu-Kamis 21-22 Oktober 2020 di lokasi yang sama.

Bacaan Lainnya

Tidak kurang dari 100 peserta yang diundang oleh Kanwil Kemenag hadir dari berbagai unsur. Beberapa ormas Islam yang ada diantaranya DPW LDII, PW Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, PW Nahdhatul Ulama, PW Aisyiah, GP Ansor, MTA, Korp Dakwah Mahasiswa dan masih banyak lagi, mengirimkan penceramah masing-masing. LDII DIY hadiri undangan Bimtek Penceramah Agama Kemenag dengan mengirimkan 5 penceramah yaitu Ust. H. Nurwahyudi, Ust. Sukadi, S. Pd.I, M.Pd.I, Ust. Rosid Kurniawan, Ust. Fatkhur Rozi, dan Ust. Andhika Widiasto.

Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Tingkat DIY

Dalam sambutannya, Muklas menyampaikan bahwa Bimtek dilaksanakan dalam rangka meningkatkan dan menguatkan kompetensi penceramah dari aspek materi maupun metodologi dakwah. “Kita ingin membekali para penceramah dengan Wawasan Keindonesiaan, Ketahanan Nasional, Moderasi Beragama, dan Strategi Dakwah di Era Milenial“, papar Muklas.

Kabid Penerangan Agama Islam Pemberdayaan Zakat dan Wakaf
Kabid Penerangan Agama Islam Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Bimtek ini berbeda dengan sertifikasi penceramah, di mana sertifikasi diberikan kepada setiap peserta yang mengikuti pelatihan atau kursus. Keikutsertaan bersifat sukarela, bukan merupakan mandatory atau kewajiban yang memiliki konsekuensi hukum. “Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah sebagai fasilitator, sehingga diharapkan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi. Dengan demikian, kita akan bisa bersama-sama membangun ummat”, kata Muklas.

Narsum Korem 072/Pamungkas : LDII Ormas yang Kompak dan Garis Lurus

Paparan materi Ketahanan Bangsa Indonesia Melalui Penceramah Agama disampaikan oleh Kolonel Eko dari Korem 072/Pamungkas. Eko menyampaikan tentang pentingnya ceramah yang memantapkan kerukunan. “Mari kita sampaikan ceramah yang membangun kerjasama ummat, dan semakin memantapkan eksistensi keistimewaan Jogja,” papar Eko.

Narasumber Bimtek Penguatan Penceramah Agama dari Korem 072/Pamungkas
Narasumber Bimtek Penguatan Penceramah Agama dari Korem 072/Pamungkas

Ketika tiba giliran tanya jawab, Ust. Sukadi, S. Pd.I, M.Pd.I dari LDII mengajukan pertanyaan tentang langkah yang sudah ditempuh untuk sosialisasi Wawasan Kebangsaan. “Pak Sukadi dari LDII ya. Saya sangat suka dengan LDII, karena kompak dan termasuk Islam garis lurus. Untuk wawasan kebangsaan, Korem menyediakan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada ormas yang membutuhkan. Silakan mengajukan proposal,” jawabnya.

Ada begitu banyak materi yang disampaikan pada Bimtek ini. Diharapkan, setelah mengikutinya para penceramah dapat membangun ummat dengan menyampaikan dakwah yang menyejukkan dan moderat. Maka tri kerukunan umat beragama akan terwujud di Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar