Pahami 4 Kebiasaan Ibu yang Menurun kepada Anak

kebiasaan ibu
Sumber: freepik.com

Jogjakeren.com – Kita semua sudah mengetahui bahwa bayi akan menurunkan sifat dan karakteristik orang tuanya. Baik itu yang bisa dilihat oleh mata maupun karakter secara psikis. Hal ini karena setiap manusia memiliki 23 kromosom dari ayah dan 23 kromosom dari ibu yang membentuk DNA kita. Namun, tahukah Anda ada beberapa jenis kromosom dari ibu yang memiliki kecenderungan memengaruhi anaknya? Mari kita lihat apa saja kebiasaan ibu yang kemungkinan besar diturunkan kepada anaknya.

Kebiasaan Makan

Saat hamil, makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan sangat diperhatikan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Selain untuk memberikan nutrisi yang lengkap kepada janin, pola makan juga akan memengaruhi kebiasaan makan anak nantinya. Dalam familyeducation.com, kecenderungan pemilihan makanan, atau yang sering disebut dengan ngidam, akan berpengaruh pada kondisi kesehatan anak ketika sudah lahir. Jadi meskipun ngidam, kandungan nutrisinya harus diperhitungkan.

Read More

Kebiasaan Tidur

Kebiasaan ibu selanjutnya yang menurun pada anak adalah pola tidur. Dilansir dari halodoc.com, posisi tidur ibu berpotensi besar diwariskan kepada anak. Termasuk gangguan tidur seperti insomnia. Sehingga jika kamu memiliki gangguan tidur ini, usahakan untuk mengatasinya sebelum merencanakan kehamilan.

Kemampuan Berbicara

Kemampuan bicara dan bergaul juga akan cenderung diwariskan ibu kepada anaknya. Dalam jangka panjang, hal ini akan memengaruhi bagaimana anak membentuk kepribadiannya. Salah satunya adalah memengaruhi kecenderungan anak dalam mengisi energi psikisnya. Itulah kenapa di antara kita tercipta golongan introvert, ekstrovert, dan ambivert. Tentu saja pengaruh lingkungan sosial juga akan terlibat.

Mengingat dan Kecerdasan

Ingatan ibu dalam bentuk trauma psikis juga dapat diturunkan kepada anaknya meskipun sedikit. Meskipun pada dasarnya trauma psikis adalah hal yang tak bisa dihindari, namun hal ini dapat dikurangi. Terutama bagi ibu yang akan merencanakan kehamilan, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter.

Hampir sama dengan ingatan, kecerdasan ibu akan diturunkan kepada anaknya. Baik anak perempuan maupun anak laki-laki. Dalam penelitian, prosentasenya dapat mencapai 40% dari semua faktor kecerdasan yang ada. Meski terlihat sedikit, namun kecerdasan dari DNA akan mendukung faktor lingkungan yang ada.

Melihat beberapa kebiasaan ibu yang akan menurun pada anaknya di atas tentu akan membuat para perempuan lebih memperhatikan kesehatannya. Meskipun memang menjaga kesehatan adalah kewajiban semua orang, laki-laki dan perempuan. Masih dalam rangka memperingati hari perempuan, bukankah kita menjadi lebih sadar bahwa perempuan adalah awal mula dari peradaban? Mari bersama lebih menghargai para perempuan di sekitar kita, terutama ibu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *