Penyebab Panic Attack Pada Remaja, Bagaimana Mengatasinya?

penyebab panic attack pada remaja
source from canva

Jogjakeren.com Penyebab Panic Attack Pada RemajaPanic attack atau gangguan kecemasan merupakan salah satu masalah gangguan pada kesehatan mental seseorang. Pasti setiap orang mengalami rasa cemas dalam keadaan tertentu. Hal ini adalah emosi alami yang ditunjukkan oleh setiap orang. Namun, jika rasa cemas itu berlebihan dapat menyebabkan respons tubuh menjadi tidak sehat. 

Penyebab panic attack pada remaja sering diabaikan oleh sebagian remaja, mengingat mereka sedang mengalami perubahan emosi. Banyak sebagian kasus ditemukan bahwa panic attack yang dialami oleh remaja dapat menghambat perkembangan dan potensi mereka.

Perasaan yang tidak nyaman dapat mengakibatkan panic attack dan mungkin menyebabkan para remaja sulit dalam berpartisipasi atau bersosialisasi di lingkungan mereka. Yuk, simak apa saja penyebab panic attack pada remaja dan bagaimana cara mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Penyebab panic attack pada remaja 

Para ahli mempercayai bahwa penyebab panic attack yang menyerang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor dari keturunan atau biologis dan faktor lingkungan sekitarnya. Ada pula faktor biologi yang menyebabkan panic attack yaitu dua bahan kimia yang ada di otak mengalami ketidakseimbangan. 

Selain itu, orang tua atau anggota keluarga lain juga dapat memicu ketakutan atau kecemasan pada remaja. Jika salah satu dari mereka mengalami kecemasan, maka kemungkinan anak juga akan mengalami kecemasan yang sama.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Panic Attack? Kamu Harus Mengenalinya

Genetik

Faktor genetik merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan panic attack menyerang. Kondisi ini terjadi dimana pendahulunya atau keluarga sebelumnya yang memiliki garis hubungan darah sama sangat memengaruhi keadaan generasi-generasi penerusnya. Misalnya, di dalam keluarga ada salah satu atau dua anggota yang pernah mengalami panic attack atau mempunyai riwayat panic disorder. Hal ini bisa jadi penyebab keturunannya terkena panic attack.

Stres berat

Stres berat merupakan salah satu kondisi dimana kamu mengalami tekanan mental atau emosional yang berlebihan. Stres bisa terjadi karena faktor lingkungan, misalnya tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya agar mendapatkan nilai tinggi di kelasnya atau tekanan karena orang tuanya bercerai sehingga mengalami broken home dan bingung akan hidupnya. Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental maupun fisiknya. Stres berat ini juga bisa jadi penyebab panic attack datang secara tiba-tiba.

penyebab panic attack pada remaja
source from canva

Senyawa kimia yang tidak seimbang

Otak adalah tempat untuk mengatur semua kegiatan yang dilakukan oleh tubuh. Terdapat jutaan senyawa kimia yang berperan penting untuk mengatur tubuh. Jika senyawa-senyawa yang ada di dalam otak tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak seimbang, maka akan terjadi gangguan pada fungsi tubuh. Salah satu gangguan itu adalah panic attack.

Mental health issue

Gangguan mental atau mental health issue adalah perilaku yang umumnya muncul disebabkan karena kelainan mental yang datang bukan dari perkembangan normal manusia. Kondisi ini memengaruhi seluruh tubuh dan membuat tubuh merasa tidak bahagia. Gangguan mental menyerang perasaan dan pikiran seseorang. Kesehatan mental mempunyai peran besar dalam kehidupan. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Masuk Angin, Obatnya Ada Di Rumah

Cara mengatasi panic attack pada remaja

Dalam berbagai banyak kasus yang ditemui, remaja yang mengalami gangguan panik ini membutuhkan perawatan. Kunci dalam memulihkannya adalah melakukan pengobatan. Jika tidak diobati, bisa menjadi masalah yang lebih serius dalam jangka waktu panjang.

Berikut ini cara mengatasi panic attack pada remaja.

  1. Melakukan terapi perilaku kognitif merupakan salah satu cara mengatasi panic attack. Caranya dengan mengelola kecemasan menjadi lebih baik agar bisa mengendalikan situasi.
  2. Mengonsumsi obat antidepresan atau anti-kecemasan dapat membantu agar lebih tenang.
  3. Melakukan terapi keluarga, seperti melakukan piknik bareng keluarga atau mengadakan kumpul keluarga, bercerita dan sebagainya. Orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk anaknya yang memasuki usia remaja. Jadi perlu sekali perhatian lebih dari orang tua. 
  4. Lakukan relaksasi otot progresif sebagai cara mengatasi panic attack pada remaja. relaksasi otot progresif melibatkan ketegangan dan pelepasan otot pada satu waktu. Contohnya dengan meregangkan jari-jari kaki tahan dan lepaskan sebagai proses relaksasi otot progresif.
  5. Ingatkan bahwa kamu bisa melewati panic attack ini. Panic attack biasa terjadi selama bermenit-menit itu bukanlah hal yang menyenangkan. Maka tariklah nafas dan berkata dengan diri sendiri bahwa panic attack ini akan cepat hilang.

Itulah beberapa penyebab panic attack pada remaja dan cara mengatasinya. Panic attack tidak terlalu berbahaya jika kamu bisa menanganinya. Tetapi jangan remehkan keberadaannya, karena bisa jadi ada gangguan pada tubuh mu dan harus diperbaiki. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *