Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, UNEP Usung Tema “From Agreement to Action: Build Back Biodiversity“

keanekaragaman hayati
Macam-macam keragaman hayati yang berada di Indonesia. (Sumber foto: website balaikliringkehati.menlhk.go.id)

Jogjakeren.com – International Biodiversity Day, atau yang dikenal sebagai Hari Keanekaragaman Hayati, diperingati setiap tanggal 22 Mei. Pada tahun ini, Hari Keanekaragaman Hayati (Kehati) diperingati pada Senin (22/5/2023). Berdasarkan situs United Nation Environment Programme (UNEP), peringatan Hari Kehati berhasil mengangkat tema From Agreement to Action: Build Back Biodiversity yang dimaknai Dari Persetujuan Menuju Tindakan: Bangun Kembali Keanekaragaman Hayati. 

Perlu diketahui, bahwa keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Berbagai macam spesies dari tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya saling membentuk ekosistem sehingga diperoleh organisasi kehidupan yang seimbang. Namun, seiring bertambahnya usia bumi tentu menjadi pengaruh bagi eksistensi varietas organisme dalam keanekaragaman hayati. Sebagai contoh adanya perubahan iklim, eksploitasi alam berlebihan, dan polusi menjadi pembuka kerusakan habitat kehati. 

Tingkat urgensi keanekaragaman hayati seharusnya menjadi prioritas bagi manusia. Sadar atau tidak, keberadaan hayati menjadi pilar yang membangun peradaban di planet bumi. Salah satu hal yang bisa dianalogikan adalah tumbuhan sebagai paru-paru dunia. Kita tahu, tanpa paru-paru manusia akan sulit bernapas. Jika itu dibiarkan maka akan mati. Hal itu sama dengan tumbuhan sebagai paru-paru dunia, bahwa tanpa adanya tumbuhan, bumi akan tandus dan mati, kehidupan organisme akan terganggu, bahkan kebutuhan pangan juga terhambat. 

Bacaan Lainnya

Tidak ada kata terlambat untuk beraksi menyelamatkan keanekaragaman hayati. Melalui Hari Keanekaragaman Hayati, kita disadarkan bahwa kehati menjadi bagian dari kehidupan manusia. Berbagai permasalahan kehati tidak bisa kita hindari, jadi sudah sepantasnya kita menyadari juga memberikan perubahan yang solutif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *