Pesta Siaga, Ratusan Anggota Pramuka Manasik Haji di Buper Dewaruci

Jogjakeren.com – Ratusan anggota pramuka tingkat siaga Gudep 18019-18020 Abu Bakar – Fatimah berkumpul mengikuti kegiatan pesta siaga di Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul D.I. Yogyakarta, Minggu (23/1/2022).

Ketua panitia pelaksana pesta siaga, Alek Rahmad Hasyi, S.I.P. menjelaskan pelaksanaan pesta siaga di masa pandemi tetap mengikuti protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya
Kegiatan saat menyusun asmaul husna

“Pesta siaga merupakan salah satu bentuk kegiatan angota pramuka siaga agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta sebagai refreshing,” terang Alek pada pembukaan pesta siaga di pendopo Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul.

Bentuk kegiatan yang disampaikan mencakup aspek religi, emosional, pengetahuan, dan kemampuan fisik. Peserta pesta siaga dikenalkan dengan bagian-bagian dalam proses manasik haji.

Peserta Pesta Siaga di Bumi Perkemahan Dewaruci.

Dengan menggunakan miniatur manasik haji di Dewaruci, diharapkan para pramuka Siaga mendapat gambaran konkrit terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Kegiatan manasik haji berlangsung selama satu jam lalu dilanjutkan kegiatan sholat Ashar berjamaah.

Selepas sholat Ashar, peserta pesta siaga diajak bermain game edukatif seperti mencari jejak, ranjau air, tembak bola, tebak kata, jejak bersambung, dan hafalan. Dalam permainan edukatif ini, para peserta diajak menghafal doa sehari-hari, asmaul husna, dan hukum bacaan tajwid. Permainan dikemas dengan metode bermain cerita menyanyi (BCM).

Alek yang juga Sekretaris Sakocab SPN Bantul menambahkan bahwa pesta siaga di tingkat gudep ini sebagai persiapan dan uji coba penyelenggaraan sebelum pelaksanaan pesta siaga sako se-Kabupaten Bantul yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2022. Pelaksanaan pesta siaga kali ini dianggap berhasil dan peserta juga puas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.