Sering Memendam Emosi? Simak Bahayanya dan Mari Menghindarinya!

memendam emosi
Sering Memendam Emosi? Simak Bahayanya dan Mari Menghindarinya!

Memendam emosi menjadi salah satu pilihan bagi kebanyakan orang ketika menghadapi suatu masalah yang cukup rumit dalam hidupnya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa memendam emosi adalah pilihan yang terbaik, padahal justru sebaliknya.

Menyimpan emosi hingga berlarut-larut justru mampu menimbulkan berbagai bahaya terhadap kesehatan psikis maupun raga kita. Bahkan, dengan cara ini, seringkali hubungan kita dengan orang lain menjadi terganggu.

Read More

Tindakan yang dapat dikatakan sebagai ‘memendam emosi’ di antaranya adalah tidak mengakui, tidak bisa menghindari, serta tidak dapat mengekspresikan emosi dengan tepat. Adapun emosi yang dipendam dapat berupa rasa marah, sedih, kekecewaan, ketakutan, hingga frustasi.

Dengan menyembunyikan emosi yang dialami, tidak akan menjadikan emosi tersebut hilang, melainkan justru tetap tinggal di dalam diri. Perasaan justru semakin terasa berat, dan bukannya menghilang.

memendam emosi
Sering Memendam Emosi? Simak Bahayanya dan Mari Menghindarinya!

Ketahui Bahaya Memendam Emosi

Meskipun nampak sebagai suatu hal yang sepele, namun menyembunyikan emosi dapat mengakibatkan berbagai bahaya bagi kesehatan mental dan fisik, di antaranya:

Meningkatkan Kecemasan yang Berlebih

Seseorang yang terus-menerus memendam emosinya dapat mengalami gangguan kecemasan. Sementara itu, apabila hal ini terus berlanjut atau gangguan kecemasan berkelanjutan, maka otak akan memproduksi hormon stress berkala.

Dengan diproduksinya hormon stress secara berkala, maka kesehatan tubuh dapat terganggu. Hormon tersebut dapat mempengaruhi fisik, seperti menimbulkan sakit kepala, mual dan muntah, serta kesulitan bernapas.

Melemahkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh yang menjadi pertahanan utama dalam menangkal berbagai sumber penyakit dapat terganggu akibat menyembunyikan emosi secara terus-menerus.

Hormon-hormon dalam tubuh dapat mengalami perubahan akibat aktivtias otak yang tidak biasa yang dipengaruhi oleh kontrol emosi yang tidak normal. Hal ini kemudian menjadikan sistem imun tubuh melemah dan tubuh sangat mudah terserang penyakit.

Menyebabkan Depresi

Depresi menjadi akibat fatal dari kesehatan mental manusia yang terus-menerus menumpuk dan menyembunyikan emosi negatif dalam tubuh dan pikirannya. Berbagai masalah terus dihadapi sendiri hingga mengakibatkan berbagai emosi negatif terkumpul dalam diri.

Tahap ini menjadi tahap yang paling berbahaya, di mana seseorang dapat memiliki perasaan yang hampa, putus asa, dan ingin mengakhiri hidupnya. Hal ini tentu akan sangat berbahaya apabila sampai dialami oleh seseorang.

Menimbulkan Berbagai Penyakit Kronis

Akibat dari stress yang dialami setelah terus-menerus memendam emosi, hormon stress juga akan terus diproduksi dalam tubuh dan mengakibatkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Apabila hal ini dialami dalam jangka yang panjang, berbagai penyakit kronis dapat muncul dalam tubuh.

Stroke dan gagal jantung menjadi penyakit yang sangat rawan terjadi. Tidak hanya itu, gangguan sistem pencernaan pun juga akan sangat mudah dialami oleh orang dengan kebiasaan memendam dalam-dalam emosinya.

Hindari Semua Bahaya Memendam Emosi dengan Cara yang Tepat

Guna menghindari berbagai bahaya memendam dalam-dalam emosi negatif dalam pikiran dan tubuh, terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah:

Memahami Perasaan dalam Diri

Hal yang penting dan harus dilakukan adalah memahami dan menanyakan kepada diri sendiri mengenai perasaan apa yang sedang dirasakan dan membebani pikirannya. Dengan demikian, kita akan bisa dengan jelas mencari solusinya.

Mencoba Mengungkapkan Perasaan dengan Media Seni

Ada banyak orang yang memiliki hobi seperti memainkan musik, menggambar, hingga mewarnai. Dengan media seni tersebut, ternyata kita mampu mengungkapkan atau mencurahkan perasaan yang sedang kita hadapi.

Hal ini dapat menjadi cara yang sangat positif, sehingga selain menjadi hobi yang baik, berbagai emosi kita dapat tercurahkan. Melalui suatu karya seni pun orang lain dapat memahami perasaan yang sedang dihadapi.

Memilih Orang yang Dipercaya untuk Bercerita

Hal ini bisa menjadi cara yang paling tepat untuk menghindari bahaya memendam perasaan negatif. Anda bisa memilih orang yang Anda percayai sebagai tempat untuk mencurahkan perasaan yang sedang Anda alami.

Melalui orang tersebut, emosi Anda dapat terungkapkan, sehingga Anda akan merasa lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan saran yang membangun untuk diri Anda.

Selalu Mendekatkan Diri pada Allah

Langkah yang paling utama adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah, Sang Pencipta. Selalu yakin, banyak berdoa, dan selalu berusaha akan membantu Anda dalam mengatasi segala masalah yang Anda hadapi.

Berbagai bentuk ibadah pun juga akan sangat berpengaruh dalam meringankan pikiran dan hati kita. Mendekatkan diri kepada Allah juga akan menjadikan hati kita selalu tenang dan selalu merasa bahwa kita berada di dalam naungan-Nya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.