Toko Buku Bekas, Kota Pelajar, dan Budaya Membaca

  • Whatsapp
toko buku bekas
Ilustrasi (Foto : eksotisjogja.com)

Jogjakeren.com – Yogyakarta atau lebih mudah dikenal dengan Jogja, mendapatkan julukan Kota Pelajar bukanlah tanpa alasan. Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa Jogja mendapatkan nama ini karena banyaknya sekolah dan/atau pusat pendidikan serta pelajar di sini.

Hal itu memang benar, namun dampak berikutnya dari budaya berpendidikan ini adalah budaya membaca. Sebagai kota dengan banyaknya pelajar dari berbagai tingkat pendidikan, Yogyakarta memiliki jumlah toko buku yang cukup tinggi dibanding kota lain di Indonesia. Salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari hal ini adalah keberadaan toko buku, khususnya toko buku bekas.

Bacaan Lainnya

Toko buku paling terkenal di Yogyakarta, bahkan Indonesia, kemungkinan besar adalah Gramedia. Namun, tahukah kamu bahwa toko buku bekas masih memiliki banyak penggemar dan tak boleh dilewatkan. Jika kamu berpikir “kenapa harus toko buku bekas jika ada toko buku baru?”, maka kamu harus lihat berbagai manfaat membeli buku dari tempat unik yang satu ini:

Temukan lebih banyak karya langka atau sudah tidak dicetak lagi

Jika kamu penggemar karya-karya klasik, maka kamu harus berkunjung ke toko buku bekas. Banyak karya klasik yang sudah tidak dicetak kembali dan mulai sulit ditemukan di toko buku populer. Termasuk karya yang menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Baik kolektor buku langka atau bukan, kamu harus mencoba melihat koleksi buku yang mereka miliki.

Mendapatkan harga yang lebih murah

Memiliki konsep yang sama dengan thrift shop, toko buku bekas menjual buku dengan harga jauh lebih murah daripada saat membeli baru. Meskipun murah, kondisi buku-buku di toko ini masih dalam kondisi yang baik. Jadi, tidak ada lagi alasan membeli buku palsu atau bajakan karena harganya yang murah. Kamu akan mendapatkan buku asli dengan harga murah di sini.

Membantu bisnis kecil dan menengah

Rata-rata penjual buku bekas adalah usaha kecil dan menengah. Jadi, dengan membeli buku bekas, kamu ikut membantu pemerataan ekonomi.

Baca Juga: Pendidikan Hari ini, Akankah Teknologi Menggantikan Peran Guru?

Melihat banyaknya keuntungan membeli buku bekas, kamu yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya harus mengunjungi beberapa toko buku bekas yang terkenal memiliki banyak pelanggan. Simak rekomendasinya berikut ini:

  1. Shopping Center, Taman Pintar

Kamu akan menemukan banyak sekali koleksi. Mulai dari novel klasik, novel populer, komik bekas, hingga buku tips sehari-hari.

  1. Toko Buku Terban

Tidak hanya karya populer, kamu juga bisa menemukan banyak buku seputar materi perkuliahan. Namun kamu harus hati-hati, ada beberapa penjual yang menawarkan novel bajakan.

  1. Toko Buku Indie (Toko Budi)

Kamu akan banyak menemukan buku dengan genre sastra, sosial budaya, hingga humaniora yang diterbitkan secara indie.

  1. The Lucky Boomerang Bookshop

Beberapa jenis buku yang akan kamu temukan adalah sastra fiksi berbahasa Indonesia maupun bahasa asing (Jerman, Belanda, Prancis, dan lain-lain), buku travel, kamus, dan lain-lain. Bahkan kamu juga bisa menjual kembali buku yang kamu beli dari toko ini kemari. Menarik, bukan?

Sudahkah kamu mengunjungi salah satu tempat di atas? Membaca buku menjadi pembuka kebodohan. Agar jauh dari kebodohan, minat membaca harus meningkat. Sekali lagi, jalan-jalan dan belanja ke toko buku bekas, yuk!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.