Berbagai Cara Menjadi Sukarelawan yang Harus Dicoba

  • Whatsapp
Hari Sukarelawan
Ilustrasi (Foto: futuready.com)

Jogjakeren.com – Tahukah kamu bahwa 5 Desember diperingati Hari Sukarelawan Indonesia? Jika baru mengetahuinya sekarang, maka kemungkinan besar kamu tidak sendiri. Meskipun peringatan ini tidak se-populer dengan hari peringatan lain, namun banyak hal yang dapat kita ambil. Mulai dari nilai kemanusiaan hingga bentuk aktualisasi diri yang harus dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Yuk, simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbagi kebaikan dengan orang lain.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukarelawan adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela, yaitu bukan karena dipaksa dan diwajibkan oleh orang atau pihak tertentu. Jadi dapat dikatakan bahwa menjadi sukarelawan adalah segala bentuk kegiatan, dalam hal ini kegiatan yang bernilai positif, yang didasarkan pada panggilan hati atau keinginan sendiri. Ada banyak hal seru yang harus kamu coba untuk menjadi sukarelawan. Mulai dari kegiatan terorganisir hingga yang bersifat spontan.

Bacaan Lainnya
  1. Relawan Edukasi

Bentuk kegiatan seru pertama ada di ranah pendidikan. Yup, berbagi ilmu yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan akan menjadi hal yang berarti. Untuk mengawali kegiatan sukarela seperti ini, tentukanlah terlebih dahulu materi apa yang menurut kamu paling dikuasai. Mengajarkan ilmu membaca Alquran di masjid dekat rumah, berbagi ilmu bertani di kampung halaman, menjadi pengisi seminar UMKM adalah beberapa contohnya.

  1. Relawan Konservasi

Bagi kamu yang sangat memperhatikan makhluk hidup lain dan kelestariannya, maka relawan konservasi harus dicoba. Terutama makhluk hidup yang sedang dalam situasi hampir punah. Untuk jenis kegiatan yang satu ini, akan jauh lebih baik jika kamu menemukan komunitas dan/atau organisasi yang memiliki program konservasi. Dengan begitu, kamu akan sekaligus belajar pengelolaan konservasi yang tepat.

  1. Relawan Acara

Nah, relawan jenis ini akan sangat cocok bagi kamu yang suka sekali memikirkan ide kreatif suatu acara. Acara yang membutuhkan relawan biasanya acara sosial dengan tujuan kemanusiaan dan/atau kebermanfaatan bagi makhluk hidup lainnya. Bahkan kamu juga bisa memperluas jaringan (network) karena terhubung dengan lebih banyak orang.

  1. Relawan Humanis

Untuk relawan humanis, kegiatan yang dapat kamu lakukan juga seputar kemanusiaan namun lebih spesifik dan biasanya dalam keadaan darurat. Beberapa contoh kegiatan tersebut adalah membantu korban bencana alam, anak-anak di daerah terpencil, mengurangi dampak buruk pandemi, dan sebagainya. Ingat, komitmen yang kuat dan kemampuan dasar harus kamu kantongi untuk melakukannya.

Menjadi sukarelawan tidak hanya membuat kamu memiliki banyak kegiatan positif, namun bisa juga diartikan sebagai bentuk aktualisasi diri yang manfaatnya besar bagi orang lain. Jika kamu mengikuti beberapa organisasi non-profit, kebiasaan baik ini akan tumbuh dalam diri. Pada akhirnya, sukarelawan bukan hanya sekedar hari yang harus diperingati. Dengan mengikuti banyak acara di LDII, secara tidak langsung kamu melatih jiwa relawan dalam diri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.