Dukung World Cleanup Day, LDII Gunungkidul Serukan Pilah Sampah dari Masjid

  • Whatsapp
Mukhamad Angwar, Litbang IPTEK SDA dan LH DPD LDII Gunungkidul
Mukhamad Angwar, Litbang IPTEK SDA dan LH DPD LDII Gunungkidul

Jogjakeren.com – Pada hari Jumat, (24/9) pagi, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan ‘Pilah Sampah dari Masjid’.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Baitul A’la yang terletak di Jalan Wonosari – Yogyak KM 4, Kelurahan Logandeng, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud dukungan warga LDII terhadap World Cleanup Day yang berlangsung pada 12 – 24 September 2021.

Bacaan Lainnya
Pilah Sampah
Penyerahan Sampah yang Telah Dipilah ke Bank Sampah Logandeng

Kegiatan Bersih-Bersih dan Pilah Sampah dari Masjid

Dalam kegiatan ini, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di antaranya adalah pembersihan ruangan masjid, pembersihan sampah dari dapur, serta pembersihan sampah-sampah dan dedaunan di lingkungan masjid.

Ir. H. Mukhamad Angwar, M.Sc., selaku Litbang IPTEK Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPD LDII Gunungkidul turut hadir dalam kegiatan Pilah Sampah dari Masjid tersebut.

“Sampahnya kita peroleh 3 macam, satu sampah organik, dua sampah anorganik, tiga sampah B3,” jelas Mukhamad Angwar.

Setelah dipilah menjadi 3 kelompok sesuai dengan jenisnya masing-masing, sampah tersebut kemudian dibawa dan disetorkan ke bank sampah kelurahan Logandeng.

Semua sampah yang dikumpulkan di bank sampah ini akan dipilah, yang selanjutnya sisa-sisa pemilahan dan residu akan dilanjutkan ke Tempat Pembuangan Akhir di Baleharjo.

“Sampah di sini (bank sampah Logandeng) dipilah menjadi sampang kering dan sampah basah. Sampah kering seperti kardus, plastik, dan (kemasan) Aqua, masuknya itu nanti ke rongsok. Sampah pilahan kedua itu sampah basah, itu sisa dari rumah makan, rumah tangga, itu dimanfaatkan untuk ternak maggot. Sisanya dan residunya, nanti tetap dibuang di tempat pembuangan akhir, di Baleharjo,” papar Wawan, pengelola Bank Sampah Logandeng.

Selain Protokol Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat juga Harus Diwujudkan

Mukhamad Angwar, Litbang IPTEK SDA dan LH DPD LDII Gunungkidul
Mukhamad Angwar, Litbang IPTEK SDA dan LH DPD LDII Gunungkidul

“Semoga kegiatan ini selalu menjadi inspirasi, motivasi untuk warga sekitar yang selalu bersih-bersih di rumahnya, agar lingkungan menjadi ramah lingkungan. Kalau ramah lingkungan, itu menjadi nambah sehat,” pungkas Mukhamad Angwar.

Dimasa pandemi seperti saat ini, di samping menjaga protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Melalui pilah sampah dari masjid dilanjutkan di lingkungan hidup masyarakat, diharapkan dapat mewujdukan dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *