Mengambil Hikmah dari Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Pandemi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Foto: tribunnews.com)

Jogjakeren – Dalam surat Al-Ankabut ayat 3 Allah SWT berfirman : “Dan sungguh Aku telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sungguh Allah akan membuktikan orang-orang yang benar imannya dan orang yang imannya dusta”. Termasuk pandemi Virus Corona (Covid-19) yang menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia ini juga merupakan cobaan dari Allah SWT.

Selain bertujuan mengetahui tingkat keimanan seseorang, adanya cobaan ini juga berfungsi sebagai pelebur dosa. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis Tirmidzi : “Tidak henti-hentinya cobaan melanda seorang hamba sehingga dia berjalan di atas bumi tanpa mempunyai dosa lagi”.

Bacaan Lainnya

Dalam firman Allah SWT dan sabda Nabi Muhammad SAW di atas menunjukkan bahwa untuk mengetahui tingkat keimanan seseorang, Allah akan memberi cobaan. Selain itu, cobaan juga berfungsi sebagai koreksi diri terhadap tindakan masing-masing, agar mereka bebas dari segala jenis dosa.

Covid-19 itu Nyata

Wabah Covid-19 yang sudah hampir satu tahun melanda di seluruh belahan dunia ini, sebenarnya merupakan bukti kecintaan Allah SWT sekaligus sebagai cobaan yang harus diterima seluruh manusia. Namun kenyataannya, tidak sedikit orang yang tidak percaya adanya Covid-19 dan cenderung menyalahkan berbagai pihak.

Salah satu bukti di lapangan, meskipun sudah banyak korban meninggal dunia dan masih sekian banyak orang sedang dalam pengobatan dan dalam pemantauan medis, tetapi masih ada sebagian orang tidak percaya adanya Covid-19 ini. Bahkan lebih parah lagi, mereka mengatakan bahwa manusia tidak perlu takut virus, karena takut itu hanya kepada Allah SWT dan takut kepada virus termasuk syirik.

Mendengar anggapan terakhir ini sangat memprihatinkan, karena menunjukkan bahwa mereka tidak percaya terhadap kodar Allah SWT. Padahal dalam sebuah riwayat hadis Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa lima puluh ribu tahun sebelum langit dan bumi diciptakan, semua hal yang terjadi di dunia ini sudah ditulis dalam kalam Allah SWT.

Sebagai orang iman yang percaya terhadap kodar Allah SWT, seyogyanya dapat bersikap bahwa pandemi Covid-19 merupakan salah satu cobaan hidup. Setiap orang harus berusaha menjauhinya dengan menjalankan protokol kesehatan, sekaligus makin mendekat kepada Allah SWT dengan meningkatkan ibadah sesuai yang telah ditentukan dalam agama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *