Kedepankan Konsep CERDIK, Hindari Komplikasi Diabetes

  • Whatsapp
Komplikasi Diabetes
Cegah Komplikasi Diabetes, I Give My #Hands4Diabetes (Sumber: www.rsujasem.com)

Jogjakeren.comSobat Jogker, tahukah Anda bahwa setiap tanggal 14 November diperingati Hari Diabetes Sedunia?. Tagar “I Give My #Hands4Diabetes” pun ramai digaungkan di media sosial.

Mengutip laman World Health Organization, Hari Diabetes Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum pada tahun 2007. Penetapan ini mendesak adanya upaya untuk mempromosikan, meningkatkan kesehatan manusia, dan menyediakan akses kepada pengobatan dan perawatan kesehatan terkait penyakit diabetes.

Pada tahun 2020, angka kejadian diabetes di Indonesia mencapai 18 juta. Data terbaru International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021 menyebut bahwa sekitar 19,46 juta orang di Indonesia mengidap diabetes. Data ini diestimasi akan mencapai 23,32 juta kasus pada tahun 2030. Angka tersebut sekaligus memposisikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengidap diabetes tertinggi kelima di dunia, setelah Tiongkok, India, Pakistan, dan Amerika Serikat.

Penerapan Konsep CERDIK untuk Menghindari Komplikasi Diabetes

Diabetes bisa menjadi penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, bahkan amputasi anggota tubuh bagian bawah. Menurut Prof. Dr. Mardi Santoso, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia, prevalensi kasus DM diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Komplikasi diabetes juga dapat mengakibatkan peripheral artery disease (penyakit arteri perifer), peripheral neuropathy (neuropati perifer), diabetic nephropathy (nefropati diabetik), dan diabetic foot (kaki diabetik).

Yuk, praktikkan konsep CERDIK berikut ini:

1. Cek kesehatan secara rutin

Jika Sobat memiliki berat badan berlebih, maka upayakan untuk menguranginya sekitar 5-10% guna menurunkan risiko diabetes. Selain itu, cek kadar gula darah secara rutin.

2. Enyahkan asap rokok

Kurangi atau bahkan tinggalkan merokok. Selain itu, hindarkan diri sebagai passive smoker. Merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

3. Rajin aktivitas fisik

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit secara rutin setiap harinya. Aktivitas fisik yang tertatur dapat menjaga berat badan ideal, dan menekan risiko DM tipe-2. Selain itu, berolahraga juga bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar insulin.

4. Diet seimbang

Konsumsi berbagai jenis buah dan sayur setiap hari dapat menurunkan risiko DM tipe-2. Kurangi minum minuman manis dan bersoda. Diet kalori dan rendah lemak juga sangat dianjurkan.

5. Istirahat cukup

Atur pola istirahat kalian ya, Sob. Batasi juga waktu penggunaan gawai.

6. Kelola stres

Kelola stres dengan melakukan yoga, aktivitas bersama keluarga, me-time, dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.