Perempuan Tangguh Raih Penghargaan Bupati Gunungkidul Berkat Lingkungan

Bupati Gunungkidul
Rusmini mengelola bank sampah melalui Pokdarling yang dirintisnya pada tahun 2018.

Jogjakeren.com – Prestasi di bidang pendidikan sudah banyak yang kita jumpai, namun prestasi di bidang pelestari lingkungan masih jarang kita temui. Walaupun ada sosoknya jarang kita temukan di lapangan.

Seperti halnya Rusmini yang beralamatkan di Grogol 3 RT 005 RW 003 Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Ia adalah sosok perempuan yang gigih dalam bekerja dan layak mendapatkan penghargaan dari Bupati Gunungkidul H Sunaryanta dalam bidang Kader Lingkungan Hidup (Pokdarling) Kabupaten Gunungkidul.

Diketahui, Rusmini sudah dua kali mendapatkan penghargaan dari Bupati. Ibu tiga anak ini gigih dan ulet dalam bekerja, bahkan sampai ikut memajukan Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Kabupaten Gunungkidul hingga sekarang. Bu Rus sapaan akrab dikampungnya ini telah membuat sejarah baru untuk pembinaan Bank Sampah di Gunungkidul.

Bacaan Lainnya
bupati gunungkidul
Piagam penghargaan Rusmini dari Bupati Gunungkidul atas prestasinya dalam bidang lingkungan hidup.

Rusmini ketika dihubungi melalui sambungan telepon bercerita sampai ia mendapatkan penghargaan Bupati Gunungkidul. “Pada tahun 2018 saya sudah merintis Kelompok Sadar Lingkungan (Pokdarling). Kemudian pada tahun 2020 oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul diangkat menjadi kader lingkungan hidup,” ceritanya.

Lebih lanjut ia bercerita, keberhasilnya dalam menjaga lingkungan hidup tidak terlepas dari bimbingan DLH Kabupaten Gunungkidul sehingga sampai mendapatkan respon positif dari pemerintah kabupaten. “Semua anggota Pokdarling ada 9 orang bekerja keliling masuk ke kapanewon dan masuk kalurahan serta dusun sehingga dalam mengelola Bank Sampah bisa maksimal,” ujarnya yang juga warga PAC LDII Bejiharjo.

Sehari-hari ia keliling ke beberapa kapanewon. Meski begitu ia tidak melupakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga yang sangat bertanggung jawab kepada suami dan anak anaknya. Bahkan sebelum berangkat bekerja Rusmini membantu suami dalam bekerja.

Tak hanya itu, meskipun sibuk di Pokdarling Rusmini juga aktif mengikuti kegiatan di kampungnya. Dalam prinsipnya, siapa saja yang serius dan ulet dalam bekerja pasti Tuhan Yang Maha Esa memberi jalan dan rezeki yang tidak tau datangnya.

Rusmini dalam mengelola Bank Sampah dibantu beberapa teman di antaranya; Suwanto, Jumirah, Setyo Nugroho, Sulamini, Rani Widyaningsih, Rusmini, Riyanto Hartini, dan Umdatul Qoriah. “Semua anggota saling membantu sehingga sampah banyak bermanfaat dan sangat berguna terutama peningkatan di bidang ekonomi,” pungkas Rusmini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *