Grhatama Pustaka, Tempat Ternyaman Buat Nugas Kalangan Mahasiswa

  • Whatsapp
Grhatama Pustaka
Grhatama Pustaka (Foto: https://www.facebook.com/balaiyanpus.dpaddiy)

Halo sobat jogker…

Tau nggak sih, Kota Jogja terkenal sebagai Kota Pelajar loh. Hal ini disebabkan karena banyaknya universitas yang berdiri di kota ini, baik negeri maupun swasta. Sehingga, banyak para pemuda perantau dari berbagai suku dan daerah rela datang ke kota ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya, tak heran pemerintah pun siap dalam memfasilitasi para pelajar dan penuntut ilmu tersebut dengan bebagai fasilitas lengkap termasuk perpustakaan.

Bacaan Lainnya

Salah satu perpustakaan terlengkap dan termegah yang ada di Kota Yogyakarta adalah Grhatama Pustaka. Berdiri megah di atas lahan seluas 2,4 hektar, perpustakaan ini berada di Jalan Janti Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Grhatama Pustaka adalah fasilitas yang digunakan untuk memberikan alternative public area yang mengedepankan fungsi keilmuan,pendidikan, dan wahana rekreatif serta dilengkapi dengan ruang bercerita untuk anak, ruang audio visual, ruang bermain anak, dan ruang baca. Grhatama Pustaka diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin, 21 Desember 2015.

Perpustakaan ini milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki koleksi buku baru hingga buku langka. Perpustakaan ini terbuka untuk pelajar,mahasiswa, dosen, guru maupun masyarakat umum secara gratis.

Sebagai perpustakaan termegah dan terbesar se-Asia Tenggara, sudah pasti fasilitas yang ditawarkan juga sangat banyak. Mulai dari lobi di depan yang luas, kursi-kursi nyaman yang diletakkan di tempat-tempat santai, musala dan toilet yang bersih. Untuk ruang perpustakaan dibagi menjadi beberapa ruang, yakni koleksi umum, khusus anak-anak, dan ruangan audiovisual.

Perpustakaan Grhatama Pustaka juga dilengkapi dengan ruang bermain anak-anak, ruang semacam akuarium yang berisi ikan dan reptil, ruangan diskusi, ruangan digital dengan 20 komputer, serta ruangan khusus tuna netra yang berisi sejumlah komputer bersuara, di samping beberapa koleksi buku braille yang kini sudah bisa diakses.

Bangunan Grhatama Pustaka

Bangunan Grhatama Pustaka terdiri dari 3 lantai dengan pembagian jenis layanan yaitu:

Lantai 1 terdiri dari layanan koleksi anak, layanan ruang bermain anak-anak, layanan ruang bermain musik anak, layanan ruang dongeng anak, dan layanan pemutaran film bioskop 6D.

Lantai 2 terdiri dari layanan keanggotaan perpustakaan, layanan bebas pustaka, layanan customer service, layanan koleksi braile, layanan koleksi umum, dan layanan koleksi referensi umum.

Lantai 3 terdiri dari layanan koleksi digital, layanan koleksi majalah dan koran, layanan bahan pustaka, layanan koleksi skripsi, dan ruang audio visual.

Ruangan pustaka sangat lega ditambah dengan sofa baca yang nyaman sangat memanjakan pengunjung. Koneksi free internet dan 13 gazebo serta taman berumput bisa dimanfaatkan travelers untuk membaca atau aktivitas luar ruangan. Bahkan ditaksir gedung dapat menampung 2.000 pengunjung. Yang menarik disini, ada ruangan bioskop 6D yang memiliki 12 seat (tempat duduk) dan akan memutar film-film pendek berdurasi 5-15 menit.

Perpustakaan Grhatama Pustaka diklaim memiliki koleksi buku-buku langka dan naskah kuno serta lembar negara (staatsblat). Koleksi-koleksi buku langka dan buku-buku umum terdiri dari 260.000 eksemplar dengan 180.000 judul. Untuk koleksi langka seperti naskah-naskah kuno tidak untuk dipinjamkan sobat jogker, hanya bisa dibaca di tempat. Untuk yang sudah rapuh tidak diberikan koleksi tekstualnya tetapi sudah dialihkan ke media digital.

Terlebih lagi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman pada perpustakaan, para pengunjung dapat dimanjakan dengan suasana yang tenang. Sehingga dengan menghabiskan waktu di perpustakaan, pengunjung dapat memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku ataupun melakukan tugas lainnya.

Gimana nih sobat jogker? tertarik nggak buat berkunjung ke sini. Yuk datang dan nikmati segala fasilitas yang disediakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *