Pohon Terbesar di Dunia, General Sherman Mampu Berumur Lebih dari 2.000 Tahun

  • Whatsapp
Jenderal Sherman
Pohon terbesar, General Sherman (sumber foto: trip.com)

Jogjakeren – Pohon paling tinggi di dunia dari jenis Giant Sequoia memiliki ketinggian mencapai 85 meter. Umurnya diperkirakan antara 2200 hingga 3000 tahun. Pohon ini diberi nama “Jenderal Sherman”, diperkirakan bukan hanya salah satu yang tertinggi, tapi juga merupakan jenis Sequoia yang terbesar dalam hal volumenya. Di tahun 2002, pohon ini pernah terukur volumenya yang sebesar 1487 meter kubik.

Jenderal Sherman berlokasi di taman nasional di Visalia, California. Dinamakan demikian diambil dari nama seorang veteran perang sipil Amerika Jenderal William Tecumseh Sherman. James Wolverton seorang Letnan pada kavaleri Indiana ke-9 di bawah pimpinan Jerman menamakan pohon ini dengan nama bosnya pada tahun 1879. Pohon ini sebenarnya sudah dianugerahi gelar sebagai yang terbesar sejak tahun 1931 dilihat dari faktor volumenya.

Pohon raksasa ini hanya bereproduksi lewat biji yang terkadang tidak tumbuh selama 20 tahun. Kebakaran hutan membantu membuka cangkang biji sequoia yang kemudian tumbuh di tanah sisa kebakaran itu. Kesuksesan proses reproduksi pohon raksasa ini memerlukan sesuatu yang sangat luar biasa, di mana setiap pohon hanya perlu memproduksi satu keturunan selama ribuan tahun hidupnya, agar spesies pohon ini tetap ada.

Pohon sequoia pernah ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Namun, kayunya yang rapuh dan tidak bagus untuk perumahan atau industri membuat pohon ini sebagian besar terlindungi.

Yang menarik, dahan terbesarnya patah pada tahun 2006 bentuknya seperti huruf “L” dari kira-kira seperempat tinggi ketinggian pohon dan ini mempunyai diameter 2 m dengan panjang 30 m serta menghancurkan pagar yang dibuat di sekelilingnya. Demikian tetap saja pohon ini masih hidup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *