4 Manfaat Membaca Karya Sastra “Puisi”

  • Whatsapp
Karya Sastra Puisi
Karya sastra Puisi bisa menjadi teman di waktu senggang (Mojok.co)

Jogjakeren.com –  Puisi bisa disebut sebagai karya sastra hasil dari ungkapan dan perasaan seseorang dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik, dan bait.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Pengertian lain yaitu gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Selain puisi sebagai hobi, membaca puisi juga dapat mendatangkan banyak manfaat. Puisi merupakan subyek yang luas dan puisi memiliki daya tarik tersendiri. Bagi penggemar puisi pasti merasa terbius ketika membaca puisi karena pilihan kata yang indah dan susunan kalimat yang menarik memberi kesan bagi para pembaca.

Terlepas dari suka atau tidaknya kamu dengan puisi, perlu kamu ketahui bahwa membaca puisi ternyata bisa menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk dirimu sendiri. Lalu, apakah kamu termasuk orang yang tidak suka atau bahkan tidak pernah membaca puisi? Yuk, simak manfaat membaca puisi berikut ini:

1. Memberi banyak wawasan 

Membaca puisi merupakan cara yang menyenangkan untuk mempelajari berbagai hal, seperti sejarah, budaya, seni, dll. Puisi merupakan karya sastra yang mengungkapkan banyak hal tentang suatu kenyataan sosial, kehidupan masyarakat, ungkapan perasaan seseorang, dan hal ini pastinya akan memicu untuk menambah wawasan kamu.

2. Menambah perbendaharaan kata 

Ketika membaca puisi, banyak kata yang jarang kita temui sehari-hari. Pembaca secara tidak langsung akan ikut mempelajari kata-kata yang dianggap baru, karena dengan begitu pembaca memahami maksud dari isi yang disampaikan dalam puisi. Hal ini tentunya dapat menambah perbendaharaan kata pembaca.

3. Menghilangkan rasa stress atau cemas

Perlu diketahui bahwa puisi adalah bagian dari seni. Banyak pengarang biasanya menyalurkan ungkapan perasaan, ide, gagasan dan imajinasi mereka dengan diwujudkan dengan hasil karya sastra salah satunya puisi. Ketika membaca puisi terkadang pembaca juga ikut merasakan dan menemukan situasi yang sedang dialami tertuang seperti dalam puisi. Kata-kata yang dibaca memberikan terbukanya hati dan pikiran lebih positif. Selain itu, dengan membaca puisi yang sesuai isi hati, perasaan cemas itu dapat tersalurkan.

4. Meningkatkan keterampilan menulis dan membaca

Dengan membaca puisi tentunya membantu perbendaharaan kata sehingga memudahkan untuk menulis. Dari membaca puisi, kita dapat memiliki banyak imajinasi untuk mengembangkan kreativitas. Apalagi semakin kita banyak membaca, keterampilan menulis akan semakin berkembang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *