Resensi Buku Filsafat Sastra (Hakikat, Metodologi, dan Teori)

resensi buku
ilustrasi pict; gapuranews.com

Jogjakeren.com – Pada dasarnya, resensi adalah penilaian kita terhadap suatu karya. Begitu pula dengan resensi buku. Secara harfiah resensi buku merupakan pertimbangan atau ulasan tentang buku. Kamu bisa meresensi buku ketika sudah membaca dan memahami seluruh isi buku tersebut.

Ketika merensi buku, kita memberikan penilaian terhadap buku tersebut, terdiri dari gambaran umum buku tersebut, identitas buku, kekurangannya, kelebihannya, hingga informasi apa yang kita peroleh dari buku tersebut dan perlu kita share dengan orang lain.

Read More

Nah, terdapat macam-macam resensi buku, dimulai dari resensi buku non fiksi, resensi buku fiksi, resensi buku pengetahuan seperti ensiklopedia, bahkan resensi buku pelajaran dan resensi buku ilmiah. Dapat dikatakan, kamu bisa membuat resensi buku apa saja sesuai dengan jenis buku yang ada.

Contoh Resensi Buku 

Resensi FILSAFAT SASTRA Hakikat, Metodologi, dan Teori
  • Judul Buku : Filsafat Sastra (Hakikat, Metodologi, dan Teori)
  • Penulis : Dr. Suwardi Endraswara, M. Hum.
  • Penerbit : Layar Kata
  • Tahun Terbit : 2012
  • Jumlah halaman : 206 + x hal
  • ISBN : 978-602-18946-3-7

Dalam sinopsis buku, tertulis bahwa keindahan berpikir akan melahirkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai hal. Filsafat sastra akan membuka peluang bagi siapa saja yang gemar berpikir estetis. Sastra mengajak manusia memikirkan tentang diri pribadi, tentang dunia, apa saja yang ada di balik dunia itu, dan akhir dari kehidupan. Sastra membungkus dunia dengan keindahan luar biasa. Maka tugas filsafat sastra adalah mengorganisir pemikiran demi mencapai kebenaran.

Buku pengetahuan yang berjudul Filsafat Sastra ini patut untuk dibaca. Penulis menjelaskan Hakikat, Metodologi, dan Teori di dalam buku yang dikemas dalam VII bab pokok materi.

Kelebihan dari buku ini adalah pembaca semakin cerdas mencermati teks-teks sastra sebagai refleksi pemikiran tentang hidup, pembaca dapat mencapai sebuah kebenaran hakiki ketika mampu menikmati berpikir itu indah, pembaca juga mampu memahami bahwa dunia yang tak terbatas ini sesungguhnya ada dalam sastra sebagai corong ilmu yang menggugah ilmu pengetahuan.

Kekurangan dari buku ini adalah masih ditemukan beberapa kesalahan penulisan kata atau typo. Dalam buku ini disertai banyak pengertian atau istilah yang mengutip dari ahli atau ilmuan sehingga memungkinkan bagi pembaca pemula merasa kesulitan untuk memahami bahasa yang dimaksud karena kalimat yang tidak sederhana.

(Resensi buku oleh Mifta Alfadlia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.