Tren Berkebun dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Tren Berkebun
Ilustrasi (Foto: sindonews.com)

Jogjakeren – Masa pandemi di mana orang lebih banyak beraktifitas di rumah, ternyata memunculkan beragam hobi baru. Salah satunya kegiatan berkebun yang sekarang ini tren di berbagai kalangan.

Kegiatan berkebun dianggap sebagai aktivitas yang menenangkan, ramah keluarga, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan harian di tengah krisis pandemi. Banyak orang yang tiba-tiba membeli tanaman hias atau bibit tanaman. Bahkan, saat ini tanaman hias sangat digemari.

Bacaan Lainnya

Berkebun di rumah mudah dilakukan, bahkan di lahan sempit sekalipun. Jika musim panen tiba, hasilnya bisa mendatangkan keuntungan yang dapat dikembangkan sebagai usaha atau bisnis. Selain itu, manfaat berkebun bukan hanya untuk sekedar mengisi waktu luang saja, namun dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Mengutip yang disampaikan kumar (2015), terdapat beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan, antara lain:

  1. Meningkatkan kebugaran

Ketika seseorang memiliki hobi berkebun, maka otomatis melakukan banyak gerakan. Saat banyak gerak inilah maka kebugaran akan meningkat. Tingkat kebugaran Anda cenderung meningkat. Selain itu, membawa dan menggunakan peralatan berkebun seperti cangkul dan mesin pemotong rumput juga akan memberikan beberapa latihan kesehatan yang baik untuk tubuh.

  1. Meningkatkan kreativitas

Pikiran jadi lebih semangat, dan berkebun juga bisa meningkatkan kreativitas. Ketika melihat banyak tumbuhan hijau, pikiran kita akan menjadi lebih positif dan produktif.

  1. Pikiran lebih rileks

Menghirup udara segar atau menyentuh tanah akan memberikan pengalaman baru dan jiwa akan lebih rileks. Selain itu tanpa disadari pikiran yang rileks akan membuat kita menjadi lebih sehat.

  1. Mengurangi stres

Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan berkebun cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan dengan berkebun seseorang akan mampu meminimalkan tingkat stresnya.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat berkebun, seseorang bisa melakukan banyak hal seperti mencangkul, mengisi kantong plastik atau memotong rumput. Tentunya hal ini dapat membantu memperlancar peredaran darah. Karenanya, kegiatan berkebun bisa menjadi pengganti yang baik untuk olahraga.

Oleh sebab itu, berkebun bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan di rumah pada masa pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan berkebun seperti ini juga membuat halaman rumah menjadi lebih sejuk dan menambah dekorasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *